Dinda-Dachlan Minta Tari Lanca dan Tari Bela Leha Dilestarikan

AKTUALITA.INFO , BIMA – Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri dan Wakil Bupati Bima Dahlan M Noer, meminta agar Tari Lanca dan Tari Bela Leh...

AKTUALITA.INFO, BIMA – Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri dan Wakil Bupati Bima Dahlan M Noer, meminta agar Tari Lanca dan Tari Bela Leha yang berasal dari Kecamatan Lambitu terus dilestarikan, hingga diketahui dunia secara luas.

Tari Lanca merupakan tari yang dimainkan oleh beberapa orang anak menggunakan pakaian adat berwarna hitam dan diiringi musik tradisional. Seni tari saling menendang itu, memeriahkan pawai budaya Hari Jadi ke-376 Bima, Rabu (20/7).

Semua penonton terkesima melihat penampilan bocah-bocah tersebut, hingga Bupati Bima meminta agar Camat Lambitu terus melestarikan budaya yang dinilai unik itu."Tari ini harus dilestarikan secara terus menerus, agar dunia tahu Kabupaten Bima memiliki sejuta budaya," ujar Umi Dinda, Bupati Hj Indah Damayanti Putri biasa disapa.

Usai Tari Lanca, Tari Bela Leha yang juga dari Kecamatan Lambitu ditampilkan. Setelah melihat aksi dari kelompok tari yang didominasi ibu-ibu itu, Wakil Bupati Bima Drs Dachlan M Noer, juga meminta agar terus dilestarikan."Ini penting dan wajib kita lestarikan," katanya.

Tari Bela Leha dimainkan oleh ibu-ibu yang berpakaian rimpu dan memakai daun lontar sebagai penutup kepala. Sambil menari, seseorang bagian dari kelompok menyanyikan lagu khas tari tersebut.

[alda/adv]

Related

Sosbud 5514664150701134264

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item