Wali Kota Bima Hadiri SCN Globa Summit di Turki

Wali Kota Bima mengikuti SCN Global Summit di Turki. AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, menghadiri kegia...

Wali Kota Bima mengikuti SCN Global Summit di Turki.
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Wali Kota Bima, HM Qurais H Abidin, menghadiri kegiatan Strong Cities Network (SCN) Global Summit 2016 di Hotel Akra Barut, Turki. Wali Kota dua periode ini terbang ke salah satu negara timur tengah mewakili Pemerintah Indonesia untuk memenuhi undangan Wali Kota Antalya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (11-12 Mei 2016) tersebut, merupakan kerjasama Pemerintah Turki dan Amerika Serikat. “Mewakili Pemerintah Indonesia, Wali Kota Bima dan Wali Kota Malang yang diundang pada acara tersebut,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali S.Sos.

Dikatakannya, peserta SCN Global Summit 2016, berasal dari berbagai negara. Antara lain 25 Wali Kota yakni Wali Kota Antalya-Turki, Wali Kota Copenhagen-Denmark, Wali Kota Rotterdam-Belanda, Wali Kota Mombasa-Kenya, Wali Kota Kristiansand-Norwegia, Wali Kota Victoria-Australia, Wali Kota Vilvoorde-Belgia, dan Wali Kota Chattanooga-Amerika. “Selain itu perwakilan media, organisasi keagamaan, dan berbagai institusi pendidikan berbagai negara,” kata Ihya.

Dijelaskannya, tema utama SCN Global Summit 2016 adalah tentang membangun keamanan wilayah perkotaan dan penanggulangan kelompok/jaringan ekstrimis/radikal. Acara dibuka oleh Menteri Luar Negeri Turki, Minister Cavusoglu. Dilanjutkan dengan sambutan penerimaan oleh Walikota Antalya, Mayor Menderes Turel, dan Deputi Bidang Penanggulangan Teroris dari Kementerian Luar Negeri AS, Michael Ortiz. “Selama acara, para Walikota diarahkan untuk melakukan diskusi bersama pihak non-pemerintah,” terang Ihya.

Selain menghadiri SCN Global Summit, lanjut Ihya, Wali Kota Bima berkunjung ke Konsulat Jenderal Indonesia untuk Turki. Wali Kota bertemu dengan Pelaksana Tugas Konsulat, Harlan H Hakim.

Dalam pertemuan selama 75 menit tersebut, Wali Kota dan Konsul Harlan Hakim berdiskusi tentang beberapa hal. Diantaranya tentang gambaran umum wilayah Bima, termasuk mengenai penanggulangan aksi teroris.

Konsul Harlan juga menawarkan untuk memfasilitasi program kerjasama peningkatan SDM Kota Bima. Melalui program beasiswa dari Pemerintah Turki bagi jenjang S1, S2, dan S3 untuk umum maupun PNS, serta beasiswa untuk Hafidz/Hafidzah. “Walikota menyatakan akan menindaklanjuti tawaran tersebut,” pungkas Ihya. 

[dien]

Related

Pemerintahan 1787718427483463852

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item