Komunitas Pramuka Peduli Dipercaya Mengelola Bumi Perkemahan di Parado

Ketua PKBM Pantai Wane menyerahkan MoU pengelolaan lokasi bumi perkemahan kepada Komunitas Pramuka Peduli. AKTUALITA.INFO, BIMA - Komun...

Ketua PKBM Pantai Wane menyerahkan MoU pengelolaan lokasi bumi perkemahan kepada Komunitas Pramuka Peduli.
AKTUALITA.INFO, BIMA - Komunitas Pramuka Peduli Kabupaten Bima mendapat kepercayaan bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pantai Wane. Dengan menandatangani nota kesepahaman bersama (Master of Understanding, MoU) pengelolaan Bumi Perekemahan yang berlokasi di So Mada Saji, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima.

MoU ditandatangani Ketua PKBM Pantai Wane, Muhammad Firdaus SPd dan Koordinator Komunitas Pramuka Peduli, Arief Rachman, di ruangan kerja PKBM setempat, Jumat (13/5). Diketahui Camat Parado, Baharuddin SSos dan Kepala Desa Parado Rato, Jamaluddin Ahmad. MoU pengelolaan bumi perkemahan tersebut kemudian diserahkan kepada Komunitas Pramuka Peduli.

Menurut Ketua PKBM Pantai Wane, Muhammad Firdaus, tujuan kerjasama ini dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur dan mempercepat proses revitalisasi pemanfaatan lokasi bumi perkemahan So Mada Saji. Pihaknya telah merencanakan bersama pemerintah kecamatan, desa, dan para tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Parado, termasuk Komunitas Pramuka Peduli, untuk mengembangkan Bumi Perkemahan. “Kami memberikan kepercayaan untuk pengelolaannya kepada Komunitas Pramuka Peduli," kata Firdaus.

Ia yakin Komunitas Pramuka Peduli akan mampu memberikan andil dalam mengelola Bumi Perkemahan. Selain itu, mampu melakukan perubahan demi mencapai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. "Masyarakat memberikan pengelolaan awal 10 hektare. Kalaupun ada keinginan untuk memperluas lokasi, akan diberikan sesuai kebutuhan," ujar Firdaus.

Koordinator Komunitas Pramuka Peduli, Arief Rachman mengapresiasi kepercayaan masyarakat Parado untuk mengelola Bumi Perkemahan di So Mada Saji. Komunitas Pramuka Peduli secara bertahap akan membangun lokasi perkemahan.

Kata dia, nantinya lokasi tersebut tidak hanya dijadikan tempat perkemahan semata. Tetapi akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan (Diklat). “Bumi perkemahan ini nantinya akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi adik-adik dan pembina pramuka," jelas Arief.

Tahap awal setala MoU tersebut, terang Arief, Komunitas Pramuka Peduli melakukan pembersihan lahan. Kemudian merencanakan dan mendesain fasiltas utama seperti lokasi MCK, Tandon air, Mushala, lokasi outbond dan game. "Kami akan mengajak adik-adik dari Gugus Depan untuk bersama-sama dengan pembina pramuka lainnya membangun Bumi Perkemahan ini," tutup Arief.

[dien]

Related

Sosbud 5028729315198566474

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item