Siti Nurbaya Sampaikan Pembangunan TNGT di Festival Pesona Tambora

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Dr Ir Siti Nurbaya. Foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU – Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (...

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Dr Ir Siti Nurbaya. Foto: yani
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Menhut-LH), Dr Ir Siti Nurbaya, Sabtu (16/4), menghadiri puncak acara Festival Pesona Tambora yang digelar di Savana Doroncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Menteri Siti Nurbaya hadir mewakili Presiden Joko Widodo,yang berhalangan hadir karena harus melakukan kunjungan kerja ke Eropa. 

Didalam pidato sambutannya, Menhut-LH menyampaikan arahan Presiden agar pemerintah melalui Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk hadir dalam acara Tambora yang bertajuk Festival Pesona Tambora, sebagai konsistensi pemerintah terhadap Gunung Tambora yang telah diresmikan sebagai Taman Nasional.

“Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) dengan luas sekitar 71.600 hektare, dari tahun lalu sudah banyak hal yang dilakukan pemerintah dalam proses pembangunannya,” kata Menteri Kehutanan tersebut.

Saat ini ujar Menhut, pemerintah sudah menyusun master plan dan site plan untuk pembangunan TNGT. Selain master dan site plan, sudah ada rencana pembuatan zonasi untuk TNGT yang terbagi kedalam zona inti, zona rimba, zona manfaat, zona rehabilitasi, zona tradisional, dan zona khusus.

Diungkapkan juga bahwa pemerintah akan mengisi pembangunan TNGT secara terintegrasi. Pada kesempatan itu, Menhut mengajak seluruh masyarakat Dompu untuk ikut bersama-sama membangun TNGT. “Saya minta ini, kita konsisten untuk melakukan perencanaan dan pelaksanaan secara terpadu,” ajak Menhut Siti Nurbaya.

Dijelaskannya, yang paling dekat yang sudah direncanakan oleh pemerintah pusat saat ini yakni pembuatan jalan daki sejauh kira-kira 18,7 km, dengan lebar 8 m.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan berencana membangun daerah taman wisata alam yang unik, yang cuma ada satu di dunia. “Itu yang akan dibangun,” kata Menhut.

hal lainnya untuk mendukung Gunung Tambora yang sudah diresmikan menjadi taman nasional, akan dilakukan pemberdayaan masyarakat sekitar melalui program-program yang positif.

Pemberdayaan tersebut lanjut Menhut, pemberdayaan sektor berbasis melalui pengembangan hasil hutan bukan kayu.

Menhut mengakui, kampanye tentang TNGT saat ini masih sedikit, belum terlalu bisa menggaungkan Gunung Tambora. Oleh sebab itu, dirinya mengajak media nasional Kompas, sebagai partner setia pemerintah di dalam mempromosikan dan mengembangkan kawasan Gunung Tambora untuk terus menduniakan lagi Gunung Tambora. 

"Kampanye Gunung Tambora harus dibesarkan lagi dan oleh publik figur," saran Menhut. "Kemarin Tambora Menyapa Dunia, sekarang Pesona Tambora, tahun depan apalagi namanya, kami menunggu dari Kompas," tandas Siti Nurbaya.

Diakhir pidato pengantarnya, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan ucapan terima kasih untuk masyarakat Dompu khususnya.

[yani]

Related

Pemerintahan 2583944623804665756

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item