AJI Mataram Dorong Kejari Usut Aliran Dana TMD ke Kantung Wartawan

Ketua AJI Mataram, Fitri Rachmawati AKTUALITA.INFO, MATARAM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mendorong Kejaksaan Negeri (K...

Ketua AJI Mataram, Fitri Rachmawati

AKTUALITA.INFO, MATARAM - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mendorong Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu untuk mengungkap secara jelas kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Kegiatan Tambora Menyapa Dunia (TMD) Tahun 2015, yang disinyalir mengalir ke kantung wartawan. Terutama membuka sejelas-jelasnya siapa saja wartawan yg menerima dana itu.

"Berapa jumlahnya dan apa media mereka. Agar publik tahu, mengingat dana itu adalah dana APBD," ujar Ketua AJI Mataram, Fitri Rachmawati, dalam siaran pers yg diterima Aktualita.info, Selasa (19/4).

Menurut Fitri, berdasarkan kode etik jurnalistik pasal 6 telah jelas disebutkan bahwa wartawan indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap. Kepala Kajari Dompu juga menyebutkan bahwa dana yang masuk ke kantung wartawan jelas di luar dana advetorial dan iklan, yang dinilai sah dan bisa dipertanggungjawabkan, karena ada MoU antara perusahaan media dan panitia penyelenggara.

"Yang dipahami pihak Kejari hanya dua sumber dana yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan, yaitu advetorial dan iklan," sebut Fitri. "Sebaiknya Kejari Dompu menyampaikan ke publik dengan terang terkait siapa saja wartawan dan medianya yang menerima dana APBD itu termasuk besarannya," sarannya.

Fitri menambahkan, bagi AJI Mataram kasus ini menjadi pelajaran berharga bagi wartawan untuk tetap menjaga integritas dan profesinya agar nama baik profesi wartawan tidak tercemar hanya karena kesenangan sesaat.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Dompu, Hasan Kurnia HS SH, menyebutka ada dana ratusan juta rupiah Kegiatan Tambora Menyapa Dunia (TMD) Tahun 2015 yang mengalir ke kantung wartawan. Saat ini Kejari Dompu tengah menyelidiki kasus tersebut.

[yudha]

Related

Hukrim 4230514371590561159

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item