Enam Sekolah Di Kota Bima Siap UNBK Tahun 2016

Drs Alwi Yasin M.AP AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, Drs H. Alwi Yasin M....

Drs Alwi Yasin M.AP
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, Drs H. Alwi Yasin M.Pd, menyebutkan ada enam sekolah menengah atas, baik negeri maupun swasta di Kota Bima akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016. “Ada enam sekolah yang sudah siap UNBK tahun ini,” ujarnya di dinas setempat, Senin (28/3).

Dikatakannya, enam sekolah tersebut yakni tiga sekolah kejuruan (SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan SMAN 5. Sedangkan satu sekolah lainnya yang merupakan sekolah swasta, SMA Salahuddin Kota Bima.

Menurut Alwi, beberapa sekolah favorit dipastikan tidak akan menggunakan UNBK. Hanya saja, Ia enggan membeberkan sekolah tersebut. “Tiga SMK, satu Aliyah, dan satu sekolah swasta dan sejumlah sekolah favorit tidak masuk dalam daftar UNBK tahun ini,” katanya.

Alwi berujar, Dinas Dikpora akan terus menggenjot agar seluruh sekolah di Kota Bima yang saat ini berjumlah puluhan, dapat menggunakan UNBK pada tahun 2017 mendatang. Tak hanya SMA, Dinas Dikpora juga mengupayakan agar SMP dapat menggelar UNBK serupa. “Kita akan upayakan agar semua sekolah, baik SMA dan SMP di Kota Bima dapat melaksanakn UNBK pada tahun mendatang,” jelasnya.

Alwi mengaku ujian nasional (UN) akan dilaksanakan pada awal bulan April 2016. Seluruh sekolah menengah atas telah siap, tanpa terkecuali sekolah yang masuk daftar UNBK.

Ia menegaskan untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa peserta ujian, Dinas Dikpora tidak memiliki wewenang. Sebab, kebijakan ituakan ditentukan sendiri oleh pihak sekolah. “Awal bulan April mulai dilaksanakan UN. Untuk kelulusan siswa akan ditentukan sekolah,” tandasnya.

Alwi mengimbau sekolah yang melaksanakan UN, agar dapat menyukseskannya dengan jujur dan lebih mempercayakan kepada kemampuan para siswa. Sebab, pada tahun lalu sejumlah sekolah diketahui telah membantu para siswanya. “Kita berharap agar pihak sekolah lebih mempercayakan kemampuan siswa,” harapnya.

Alwi menambahkan, sebanyak 12 sekolah di Kota Bima meraih predikat Sekolah Jujur dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sekolah tersebut telah melaksanakan ujian secara jujur pada tahun 2015 lalu.

Predikat atau sertifikasi tersebut langsung diterima masing-masing sekolah di Jakarta belum lama ini. Hanya saja, Alwi enggan menyebutkan secara rinci 12 sekolah penerima predikat tersebut. “Yang jelas 12 sekolah yang meraih predikat Sekolah Jujur ini akan kita ekspos pada bulan Mei mendatang,” pungkasnya.

[dien/ki]

Related

Pendidikan 3643606644162161660

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item