2016, Dishubkominfo Prioritaskan Internet Desa

Ilustrasi AKTUALITA.INFO, BIMA – Untuk mempermudahkan masyarakat mendapat informasi melalui Media Sosial (Medsos), Pemerintah Kabupaten...

Ilustrasi
AKTUALITA.INFO, BIMA – Untuk mempermudahkan masyarakat mendapat informasi melalui Media Sosial (Medsos), Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika akan menyediakan layanan internet geratis, mulai dari pusat Kota hingga ke pelosok Desa se-Kabupaten Bima.

Program pemasangan internet gratis itu akan dilakukan secara bertahap, mulai tahun ini hingga 2019 mendatang. Dengan target, tahun 2020 semua masyarakat Kabupaten Bima dapat mengakses informasi secara cuma-cuma.

“Program ini sudah tertuang dalam MoU Bupati Bima dengan PT telkomsel. Hal itu menindaklanjuti program Kementerian Dishub RI,” jelas Kabid Dishubkominfo Kabupaten Bima, Muhamad Irfan ST M Eng , Rabu 3 Februari 2016.

Peralatan akses internet ini sudah mulai bisa digunakan tahun ini. Tujuannya adalah upaya percepatan penyediaan akses internet secara berkelanjutan. Selain itu, program ini juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Bima hingga ke pelosok Desa. Dengan harapan agar seluruh masyarakat dapat menikmati manfaat dari jaringan internet.

Untuk merealisasikan program ini, Dishubkominfo akan berupaya keras dengan melakukan pendataan dari Desa ke Desa. Terutama untuk mengetahui Desa mana saja yang belum tersentuh jaringan HP. “Setidaknya, ada 38 Desa di Kabupaten Bima yang belum memiliki akses internet,” sebut Irfan.

Ia memastikan di beberapa daerah yang belum terjamah oleh jaringan internet akan segera dipenuhi, dengan menggunakan layanan Wifi. Hanya saja program ini cukup banyak persiapan yang harus dilakukan, seperti menyediakan alat. Termasuk juga membangun interaksi dengan masyarakat.

“Untuk berinteraksi dengan masyarakat, kita akan melibatkan Kampung Media guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap manfaat dan kegunaan internet itu sendiri,” terang Irfan.

Menurutnya, membangun dan membentuk mental masyarakat agar siap menerima pembangunan tersebut sangat penting dilakukan. Karena tidak bisa dipungkiri, kehadiran internet itu juga dapat berdampak buruk bagi generasi jika layanan itu disalahgunakan ke hal-hal yang negatif. “Mengantisipasi hal ini, maka diperlukan pembinaan yang optimal,” pungkas Irfan.

[Syf]

Related

Pemerintahan 3652305597789398358

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item