Keselamatan Lalulintas, Dishub Menuju Zero Accident

Suasana Sosialisasi Keselamatan Lalulintas. AKTUALITA.INFO, BIMA – Keselamatan berlalu lintas menjadi salah satu aspek penting yang per...

Suasana Sosialisasi Keselamatan Lalulintas.
AKTUALITA.INFO, BIMA – Keselamatan berlalu lintas menjadi salah satu aspek penting yang perlu menjadi perhatian semua pihak. Untuk mendorong peningkatan pemahaman keselamatan berlalu lintas, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabuaten Bima menggandeng PT Jasa Raharja Bima menggelar sosialisasi regulasi (undang-undang).

Sosialisasi tersebut yakni Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan WajibKecelakaan Penumpang jo PP Nomor 17 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang. UU Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan jo PP Nomor 18 Tahun 1965 tentang Ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Sosialisasi keselamatan dilaksanakan di aula Kantor Camat Woha, Rabu (27/01). Menghadirkan pembicara Kepala Dishubkominfo Kabupaten Bima, Zunaidin S.Sos M.M, Direktur PT Jasa Raharja Persero Bima, Zainudin, dan Suaeb S.Sos (Kepala Bidang Perhubungan Darat). Sosialisasi diikuti 100 peserta yang berasal dari dari aparat desa, guru, pelajar dan pengusaha angkutan.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Bima, Zunaidin S.Sos MM, menjelaskan sosialisasi diadakan oleh Bidang Perhubungan Darat yang bertugas melakukan upaya preventif, atau pencegahan kecelakaan lalu lintas.

Regulasi tersebut menegaskan bahwa Dinas Perhubungan merupakan Instansi yang memiliki tugas pokok dan fungsi yang menjamin keselamatan lalulintas dan angkutan. Termasuk di dalamnya menjamin moda atau alat transportasi yang melayani masyarakat, mengutamakan keselamatan angkutan jalan. “Kita ingin menuju zero to accident," kata Zunaidin yang didampingi Kasubag Program dan Pelaporan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Arief Rachman S.Sos.

Direktur PT Jasa Raharja Persero Bima, Zainudin, mengatakan masih banyak masyarakat yang belum mengenal Jasa Raharja. Hampir 70 persen masyarakat belum mengetahui keberadaan Jasa Raharja. Padahal, menurutnya kalau terjadi kecelakaan lalu lintas untuk mendapatkan satunan masyarakat harus berurusan dengan Jasa Raharja.

Zainudin mengungkapkan sejak tahun 2013 Jasa Raharja telah membayarkan santunan kepada 198 orang atau sebesar Rp3,84 milyar. Tahun 2014 naik menjadi 247 orang atau senilai Rp3,5 milyar. Hingga akhir Desember 2015, telah menyalurkan santunan kepada 277 korban senilai Rp3,9 milyar.
Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat Suaeb S.Sos, menjelaskan sejak tahun 2013 hingga saat ini pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasaran keselamatan lalu lintas. Seperti Rambu Lalu Lintas disejumlah wilayah di berbagai kecamatan di Kabupaten Bima.

"Alhamdulillah, Dinas Perhubungan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Keselamatan Transportasi Darat tiap tahunnya. Yang dialokasikan untuk mengadakan Rambu Peringatan, Rambu Petunjuk, dan Pengaman Jalan (guard drill) yang tiap tahun dialokasikan sekitar 450 juta," jelas Suaeb.
Namun demikian, kata Suaeb, di beberapa wilayah kesadaran masyarakat untuk menjaga rambu lalulintas tersebut agar tetap berfungsi dengan baik, masih kurang. Untuk itu diharapkan agar masyarakat dapat bersama sama menjaga fasilitas lalulintas tersebut, karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjamin keselamatan ketika berada di jalan raya.

Suaeb juga mengingatkan para supir bus dan masyarakat untuk tidak mengangkut penumpang di luar terminal. Apalagi tidak memiliki ijin trayek di Terminal Tente. Karena, selama ini yang menyebabkan macet adalah mengangkut dan menurunkan penumpang di luar terminal.
“Masyarakat juga jangan diturunkan di luar terminal. Penumpang juga harus sadar untuk naik bus harus di dalam terminal. Jika penumpang dan supir bus sama-sama taat tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal,Insya Allah Terminal Tente akan tertib dan mengurangi kemacetan di depan terminal," kata Suaeb.

[yudha]

Related

Pemerintahan 3501819172257322066

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item