Pemkot Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik

 Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik. AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Bagian Orga...


Pemkot Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik
 Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik.

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (OPA) Setda Kota Bima, menggelar Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Kantor Pemkot Bima, Jum’at (18/12). Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima, HA Rahman H Abidin SE. Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Camat dan Lurah.

Kabag OPA setda Kota Bima, Zainuddin SH melaporkan, sosialisasi pelayanan publik secara elektronik dimaksudkan untuk memperkenalkan aplikasi yang akan digunakan oleh Pemkot Bima, dalam meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memberikan masukan, ide, penilaian, maupun keluhan terhadap kinerja pemerintah, agar pemerintah dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sosialisasi dilaksanakan selama 1 (satu) hari, yakni tanggal 18 Desember 2015. Dengan jumlah peserta sebanyak 80 (delapan puluh) orang dari SKPD di lingkungan Pemkot Bima. Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Zainal Abidin S.Kom, akademisi Institut Teknis Surabaya (ITS). “Beberapa aplikasi yang diperkenalkan diantaranya LAPOR (Layanan Pengaduan Online Rakyat), Sistem Polling, Sistem SMS gateway, dan Kota Bima Mobile App,” ujar Zainuddin.

Wakil Walikota Bima, HA Rahman H Abidin, sangat mengapresiasi sosialisasi tersebut, yang mana pemanfaatan teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan dan menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek. Keberadaan teknologi ini menjadi jawaban untuk menyama-ratakan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakannya, Pemkota Bima saat ini sedang mengupayakan hal tersebut melalui penerapan layanan masyarakat berbasis online dengan memanfaatkan internet. Salah satunya melalui aplikasi LAPOR (Layanan Pengaduan Online Rakyat) yang diluncurkan oleh Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kota Bima.

Selama ini beberapa penerapan sistem pengaduan online telah dilaksanakan melalui website Kota Bima. Dimana masyarakat bisa melayangkan email pengaduan yang dimuat dalam website. Pengaduan-pengaduan dalam email tersebut, didata oleh Bagian Humas yang selanjutnya dilaporkan kepada Walikota, Wakil Walikota, maupun Sekda. Selain via website, Pemkot juga memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook dan twitter. Dan cara ini sangat efektif.

“Alhamdulillah, melalui cara ini cukup banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan yang dapat kita respon dengan segera. Diantaranya, ada korban kecelakaan yang menderita pendarahan otak beberapa hari yang lalu, yang harus segera dirujuk ke Mataram, namun keluarganya tidak memiliki uang cukup. Melalui corong pemerintah yakni Humas Kota Bima, memantau melalui foto dan status di facebook, dan segera melaporkan kepada Saya, Alhamdulillah malam itu juga segera diberangkatkan ke Mataram,” jelas Rahman.

Ke depannya, fungsi pelayanan memang harus semakin ditingkatkan. Teknologi informasi yang semakin maju tentu harus didukung oleh sumberdaya manusia yang juga kompeten. Rahman mengajak semua elemen aparatur yang hadir untuk terus belajar, dan bekerja sama dan berkoordinasi.

“Penerapan e-government memerlukan kerja kolektif. Bukan hanya per sektor. Jangan Biarkan Masyarakat Menunggu pelayanan,” ujarnya.

[AL]

Related

Pemerintahan 617369146383125852

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item