Dana BOS Kabupaten Bima Rp12,035 Miliar

AKTUALITA.INFO, BIMA - Anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS) Triwulan ketiga Kabupaten Bima, Juli hingga Desember 2015, mencapai Rp12...



AKTUALITA.INFO, BIMA - Anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS) Triwulan ketiga Kabupaten Bima, Juli hingga Desember 2015, mencapai Rp12,035 miliar. Besarnya anggaran dana BOS tersebut berdasarkan jumlah keseluruhan Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta sebanyak 411 yang ada di wilayah Kabupaten Bima.

Dibandingkan tahun 2014 lalu, Menurut Kepala Seksi (Kasi) Subsidi dan Bantuan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Dikpora Kabupaten Bima, H Ismail Lewar SE, dana Bos tahun ini mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan adanya penambahan empat sekolah. Diantaranya SDN Doro Lede, SDN Sonco Luka, SDN Diwu Moro, dan SDN Pali Bima.

Untuk pencairan dana Bos triwulan tiga tahun 2015 sudah berlangsung selama dua minggu. Jumlah sekolah yang mencairkan dana Bos mencapai 80 Persen. “Sampai hari ini kami masih sibuk melayani para kepala sekolah yang mengajukan beberapa item persyaratan agar bisa mencairkan dana Bos tersebut,” jelas Ismail di Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Jumat, 28 Agustus 2015.

Persayaratan untuk bisa mencairkan dana Bos tersebut, ada beberapa bahan yang harus diajukan oleh masing-masing sekolah. Diantaranya rencana kerja anggaran sekolah (RKAS), surat pertanggungjawaban (SPJ), dan laporan online (realisasi) anggaran. “Apabila hal itu sudah dipenuhi. Maka kami pihak Dinas Dikpora Bima akan langsung mengeluarkan surat rekomendasi (pengantar) agar pihak sekolah bisa melakukan pencairan dana Bos di bank,” ujar Ismail.

Bidang Dikdas Dinas Dikpora Kabupaten Bima berharap, masing-masing sekolah agar bisa mengelola dana Bos sesuai dengan aturan dan mekanisme yang tertuang dalam petujuk teknis (Juknis) Nomor 141 Tahun 2014. Untuk diketahui, dana Bos tidak boleh digunakan di luar dari 13 item yang tercantum dalam penggunaan dana tersebut.

[rul]

Related

Pendidikan 8427465364468471756

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item