Koordinator Kopertis Berbicara di Seminar Kewirausahaan STIE Bima

Seminar kewirausahaan STIE Bima. /ald Aktualita.info, KOTA BIMA – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Senin 8 Juni 2015, mengadak...

Seminar kewirausahaan STIE Bima. /ald
Aktualita.info, KOTA BIMA – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Senin 8 Juni 2015, mengadakan seminar kewirausahaan. Seminar diikuti ratusan mahasiswa setempat dengan pembicara Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Prof. DR. I Nengah Dasi Astawa, M.Si.

Prof. DR. I Nengah mengungkapkan rasa senangnya bisa diundang menjadi pembicara di STIE Bima. Apalagi memberi pemikiran-pemikiran baru untuk mahasiswa sehingga mindset kewirausahaannya terbentuk. “Seminar kewirausahaan ini sangat penting, apalagi sekarang kita akan mengahadapi ekonomi global,” katanya.

Seminar yang diadakan STIE Bima bertujuan untuk memacu pemikiran mahasiswa berwirausaha. Agar selalu mempersiapkan diri sejak dini karena pengangguran semakin tinggi, karena peluang kerja semakin kecil. “Kalau berharap menjadi PNS, itu tentu sangat kecil. Tapi untuk menjadi wirausaha tentu peluangnya besar asalkan kita menekuninya,” jelas Nengah.

Orang-orang yang gagal itu, katanya, adalah orang-orang yang selalu menunda pekerjaan. Jika mahasiswa STIE Bima memulainya dengan membuka usaha kecil sejak masih duduk dibangku kuliah. Memanfaatkan waktu luang disela-sela kuliah, ia yakin setelah mendapat gelar serjana akan menjadi pengusaha sukses. “Berwirausaha itu sudah jelas menjajikan,” tandas I Nengah.

Diharapkannya mahasiswa STIE Bima berkembang dengan memacu kewirausahaannya, agar bisa memanfaatkan sumberdaya alam di Bima sebagai lahan berwirausaha. “Kita harus berani untuk berwirausahaan,” katanya.

Ketua STIE Bima, Firdaus, ST.MM, mengatakan, seminar itu dimaksudkan agar semua mahasiswanya bisa menumbuhkan mental enterpreneurship, saat masih duduk di bangku perkuliahan maupun setelah menjadi sarjana nantinya. Kegiatan ini juga, sengaja digelar pihaknya untuk memperkuat kompetensi semua mahasiswa. Sehingga, pihaknya bisa membentuk sarjana yang bermental wirausaha. “Tinggkat pengangguran yang produktif saat ini, yakni dari kelompok berpendidikan sarjana. Karena itu diperlukan mental mahasiswa yang berwirausaha untuk mengembangkan diri,” terang Firdaus.

Seminar itu juga digelar untuk memperkuat wawasan para mahasiswa dalam kerangka berkarir. Sehingga akan selalu menjadi kerisauan dan lonceng pengingat bagi mahasiswa untuk menyiapkan dirinya mulai saat ini. “Pengangguran produktif itu bisa saja terjadi, karena memang mahasiswa tersebut tidak memiliki kompetensi dan keahlian. Dilain hal kemampuan kewirausahaannya lemah,” kata Firdaus.

Hal itu, menurut Firdaus merupakan masalah yang harus diselesaikan. Sebab pihaknya tidak ingin sarjana yang dicetaknya akan mengalami hal yang tidak diinginkan. “Kami selalu mengajarkan agar semua mahasiswa yang didik mempunyai skill untuk berwirausaha. Kami yakin, para sarjana STIE Bima akan menjadi orang-orang tangguh dalam berwirausaha di pasar global," pungkas Firdaus.

[ald*]

Related

Ragam 7503625294997312023

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item