Siswa SDN 41 Galang Aksi Kebersihan Lingkungan

Ketika Anak SDN 41 Menginspirasi Kesehatan Lingkungan   “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”  Filosofi hidup ...



Ketika Anak SDN 41 Menginspirasi Kesehatan Lingkungan  

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” 

Filosofi hidup sehat ini harus diakui tak lekang dimakan waktu. Artinya, dari generasi ke generasi tetap menjadi pondasi utama bagi setiap orang bila ingin hidup nyaman, bebas dari penyakit. 

Demikian pula bagi anak-anak SD Negeri 41 Kota Bima. Filosofi hidup sehat menjadi benteng pertahanan diri anak bangsa di Kelurahan Tanjung itu, demi kelancaran menggapai cita-cita mereka. Karena menurut mereka, kesehatan sangat mempengaruhi perjuangan mewujudkan cita-cita melalui semangat belajar yang tinggi. Jika tidak sehat, maka semangat belajar akan menurun sehingga cita-cita akan terhambat. 

Agar kesehatan senantiasa terjaga, anak-anak SDN 41 Kota Bima paham memulainya dari mana. Selain selalu menjaga kesehatan fisik dengan berbagai cara (mengatur pola makan dan berolahraga), anak-anak itu sadar jika kesehatan lingkungan juga memiliki peranan penting. 

Seiring fakta kondisi lingkungan di beberapa wilayah kelurahan Tanjung yang sangat memprihatinkan, siswa SDN 41 Kota Bima berupaya “menyulap” dari kesan kumuh menjadi sedikit Asri. Melalui tangan-tangan mungil mereka, satu per satu sampah yang berceceran di sepanjang jalan dibersihkan. Dari depan sekolah jalan Bandeng hingga jalan kembar Padolo III (yang baru dibangun) Lingkungan Sumbawa Kelurahan Tanjung, anak-anak ini semangat “menyapu bersih” sampah organik dan an-organik yang tercecer di jalanan. 

Selain membersihkan lingkungan dari sampah yang berserakan, anak-anak SDN 41 Kota Bima juga mengusung papan imbauan “Jagalah Kebersihan Lingkungan dan Jangan Membuang Sampah Sembarangan”. Imbauan itu adalah bentuk kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan. 

Mereka seolah menyadarkan dan mengajak masyarakat Tanjung untuk senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan elok dipandang mata. “Aksi bersih-bersih ini adalah representasi semangat anak-anak yang memiliki impian memiliki lingkungan yang bersih dan Asri,” ujar Guru SDN 41 Kota Bima, Adiyansyan, S.Pd.I pada Aktualita.info.

Menurut Adi, wilayah Kelurahan Tanjung khususnya lingkungan Sumbawa perlu perhatian khusus dalam hal kebersihan lingkungan. Karena wilayah tersebut berada di tengah dua sentral ekonomi, yaitu antara Pasar dan Pelabuhan laut yang otomatis padat dengan aktivitas pembuangan sampah. “Jika bukan sekarang kita peduli, kapan lagi baru kita jaga kebersihan lingkungan ini,” tandasnya. 

Dia mengatakan, anak-anak SDN 41 Kota Bima mencoba mengetuk hati masyarakat sekitar agar peduli dengan kebersihan lingkungan. Aksi bersih-bersih sambil membawa papan sosialisasi kebersihan lingkungan, kata Adi, untuk memotivasi warga masyarakat lainnya. “Semoga dengan aksi bersih anak-anak ini bisa menggugah warga untuk turut peduli menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya. 

Adi menambahkan, aksi kebersihan yang digalang anak-anak SDN 41 Kota Bima telah diagendakan setiap minggu. Selain membersihkan sampah di jalanan, anak-anak juga membersihakan sampah yang bercecern di sepanjang pantai Lawata. Aksi para anak bangsa itu patut diapresiasi. Sudah saatnya kita peduli dengan lingkungan, karena dari lingkungan yang bersih dan sehat akan lahir dan tumbuh para generasi bangsa yang cerdas, sehat dan kuat. (*Arya)

Related

Sudut Pandang 3337713516274665924

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item