Sekcam Tegaskan Donggo Tak Terlibat Konflik Soromandi

  ilustrasi suasana bentrokan warga Aktualita.info, BIMA – Sekretaris Camat (Sekcam) Donggo Sahrul S Sos mengatakan, warga Donggo tid...

 
Sekcam Tegaskan Donggo Tak Terlibat Konflik Soromandi
ilustrasi suasana bentrokan warga
Aktualita.info, BIMA – Sekretaris Camat (Sekcam) Donggo Sahrul S Sos mengatakan, warga Donggo tidak terlibat dalam konflik di bukit Lia Kecamatan Soromandi. Sementara ini warga setempat, sedang sibuk menyiapkan diri untuk menggarap lahan pertanian. 

Hal tersebut disampaikan Sahrul menepis, sejumlah isu adanya keterlibatan warga Donggo dalam konflik itu. "Kami sudah pastikan, warga Donggo tidak ada yang terlibat. Apalagi membantu salah satu kubu warga yang bertikai," tandasnya. 

Sebelum meletusnya konflik itu, pemerintah Kecamatan Donggo intens mendatangi desa-desa, untuk memberikan penyuluhan dan pencerahan terhadap masyarakat agar selalu menjaga stabilitas wilayah. Tidak terpengaruh dengan ajakan, atau desakan warga luar yang bisa memicu terjadinya konflik. "Arahan itu diterima baik oleh warga," katanya. 

Tidak hanya itu lanjut Sahrul, disaat terjadinya perang antara warga Said an warga Dusun Lia dii bukit Lia beberapa waktu lalu. Pemerintah setempat, turun disetiap desa. Untuk menjaga adanya pergerakan massa. Warga pun diminta, untuk tidak terprovokasi dengan kejadian yang ada di wilayah lain. 

Begitupun kepala desa dan aparatur setempat, terus mengawasi kegiatan dan aktivitas masyarakat di masing-masing desa terkait. "Sejak terjadi konflik, hingga kini masyarakat Donggo sedang sibuk garap lahan pertanian," akunya. 

Untuk memastikan hal tersebut, anggota Pol PP Kecamatan Donggo juga dikerahkan untuk memantau langsung di tempat konflik. Dari laporan anggota, tidak ada satupun warga Kecamatan Donggo yang terlibat. 

Kalaupun ada yang terlibat, itu hanya warga yang telah berdomisili di Soromandi saja. "Misalnya di Dusun Sai Kala, Sai, Lia dan di sejumlah desa lain di Soromandi. Banyak warga kita yang sudah tinggal di sana," jelas Sahrul. 

Berdasarkan pemetaan wilayah lanjut dia, warga asal Donggo yang sudah berdomisili di Soromandi. Praktis telah menjadi warga Kecamatan Soromandi. Terkait hal tersebut dia tegaskan, tidak ada warga Donggo yang terlibat dalam konflik di bukit Lia, Sabtu (23/8) lalu. 

Meski demikian dia, sangat prihatin dengan adanya gejolak di Soromandi dalam beberapa waktu terakhir ini. Apalagi, insiden itu telah merenggut korban jiwa. "Kita tidak ingin, masalah ini berlarut-larut. Karena dapat merugikan masyarakat setempat," ujar mantan Kasi Trantib Kecamatan Soromandi ini. 

[act2]

Related

Hukrim 964761632129745917

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item