Pencarian Lanjutan, Tim SAR hanya Temukan Koper

ilustrasi  Aktualita.info, BIMA – Pencarian lanjutan dua warga Spanyol, Jorge dan Victor (baca: dua korban tragedi Versace Amara dicar...

ilustrasi
 Aktualita.info, BIMA – Pencarian lanjutan dua warga Spanyol, Jorge dan Victor (baca: dua korban tragedi Versace Amara dicari kembali) yang dilakukan Tim SAR Selasa (26/8), tidak membuahkan hasil. Pencarian yang dipimpin langsung Kepala Basarnas, Marsekal Madya FBH Soelistio itu, hanya menemukan koper yang diduga milik salahsatu korban di perairan Gili Banta. “Kita belum temukan korban. Hanya satu koper yang kita temukan,” kata Kepala Basarnas NTB, Budiawan, usai pencarian Selasa sore. 

Koper yang ditemukan, jelas dia, belum bisa dipastikan. Apakah milik salahsatu korban, atau milik para penumpang kapal lainnya yang selamat. Menurut Budiawan, pencarian hari pertama ini, dilakukan Basarnas di sekitar Pulau Kelapa, tempat ditemukan dompet milik korban, Jorge. 

Pencarian dilakukan lewat udara dan laut menggunakan 2 helicopter Basarnas, Kapal Republik Indonesia (KRI) Willing, dan 1 Pesawat TNI AU CN 295. Pencarian udara dan di matra laut oleh KRI Willing dilakukan hingga sore pukul 17.00 Wita. “Pencarian dilanjutkan besok (Rabu, 27/8) hingga Kamis (28/8),” ujar Budiawan. 

Kepala Basarnas, Marsekal Madya FHB Soelistio yang dikonfirmasi sebelumnya menjelaskan, dalam konteks save and rescue Basarnas punya SOP. Setelah menerima laporan, kemudian dilakukan operasi pencarian pokok selama 7 hari. Setelah 7 hari dilakukan, operasi ditutup dan dievaluasi. Namun, katanya, operasi pencarian tersebut tidak sampai di situ. Jika ada perkembangan baru, maka pihaknya bisa memperpanjang operasi selama 2 hingga 3 hari. 

Namun untuk pencarian kali ini, dirinya menetapkan operasi pencarian selama 3 hari, karena adanya perkembangan informasi baru yakni ditemukannya dompet milik salah satu korban. Dalam pencarian sebelumnya, terang Soelistio, pihaknya menerjunkan SAR laut dari seluruh komponen. Mulai dari Basarnas, Syahbandar, Kodim, AL, Airud hingga potensi SAR masyarakat yakni nelayan. 

[yudha]

Related

Sosbud 2462083313629765293

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item