Menko Kemaritiman Melihat Potensi Bima dan Dompu Bisa Menjadi Lumbung Pangan Nasional

AKTUALITA.INFO , Kota Bima - Menteri Koordinator Kemaritiman Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan daerah Bima (Kota Bima d...

AKTUALITA.INFO, Kota Bima - Menteri Koordinator Kemaritiman Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan daerah Bima (Kota Bima dan Kabupaten Bima) dan Dompu  bisa diandalkan menjadi lumbung pangan nasional. Hal itu dikatakan mantan Menko Polhukam ini saat kunjungan kerja di Kota Bima, Selasa (25/10/2016).

Jend TNI (Purn) Luhut B. Pandjaitan. [yudha]
Luhut melihat kekayaan sumberdaya pertanian, peternakan, dan perikanan yang dimiliki tiga daerah serumpun di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut, sangat potensial untuk mewujudkan ketahanan pangan sebagaimana salahsatu program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

"Jujur saya baru tahu, betapa kayanya Bima dan Dompu ini. Ini bisa menjadi lumbung pangan nasional," kata Luhut. "Mungkin sekitar 25 persen untuk kebutuhan nasional akan jagung, kedelai, bawang, daging, dan ikan bisa diandalkan dari sini," Luhut menambahkan.

Ia mengaku sengaja membawa serta investor berkunjung ke Kota Bima untuk melihat langsung potensi daerah. Sehingga nantinya bisa berinvestasi untuk mengolah potensi tersebut. "Investor saya ajak untuk investasi di sini," ujarnya.

Luhut mengatakan dari sektor pertanian tanaman jagung dengan produksi sekitar 1 juta ton saat ini, menjadi bukti bahwa Dompu dan Bima berkontribusi signifikan bagi tercapainya ketahanan pangan. "Dengan produktivitas ini, bisa kita bangun pabrik pengolahan jagung untuk pakan ternak," terangnya.

Apalagi, lanjut Luhut, Wali Kota dan Bupati Bima sudah bersedia menyediakan lahan masing-masing 3000 hektare di Kota Bima dan 7000 hektare di Kabupaten Bima. Ia meminta pihak investor untuk segera mengatensinya. "Langsung dikerjakan, nanti saya koordinasikan dengan menteri pertanian. Setelah kunjungan ini, saya segera undang Wali Kota dan Bupati Bima ke jakarta untuk bicara lebih intens dengan investor. Kalau ini dikerjakan, dalam 2-3 tahun bisa jadi lumbung pangan," tuturnya.

Namun itu semua, tambah Luhut, bisa terwujud jika pemerintah daerah dapat menjamin keamanan dan kenyamanan investor. Kondusifitas iklim investasi harus benar-benar terjaga, sehingga mereka bisa membantu mengelola potensi daerah dengan baik. "Pak Wali Kota dan Ibu Bupati harus menenangkan masyarakatnya. Jangan bakar membakar dan menakuti investor, karena itu dampaknya luar biasa ke mana-mana," kata Luhut mengingatkan.

Baca juga: Selasa ini, Menko Kemaritiman Tinjau Potensi Pelabuhan di Kota Bima

[yudha]

Related

Pemerintahan 5683175691131726874

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item