Gudang Bawang akan Dibangun di Kecamatan Woha

AKTUALIT.INFO , Bima – Gudang bawang Kabupaten Bima akan dibangun di atas lahan sekitar 2 hektare. Tempat penampungan komoditi andalan masy...

AKTUALIT.INFO, Bima – Gudang bawang Kabupaten Bima akan dibangun di atas lahan sekitar 2 hektare. Tempat penampungan komoditi andalan masyarakat Bima ini sudah diusulkan pembangunannya ke Pemerintah Pusat. “Usulan itu sudah diputuskan,” kata Asisten II Setda Kabupaten Bima, Drs H Muzakkir MSc, di Sekretariat DPRD Kabupaten Bima, Rabu (14/9).

Ilustrasi bawang yang disimpan di gudang.
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan ini mengatakan, Berdasarkan keputusan awal bahwa gudang bawang tersebut akan dibangun di Desa Pandai, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. “Kita sudah menyiapkan lahan lebih kurang dua hektare,” sebutnya.

Menurut Muzakir, pembangunan gudang bawang berdasarkan keputusan dari Pemerintah Pusat. Karena bawang merupakan komuditi sentral pendukung kebutuhan nasional.

“Kami sudah usulkan kepada Direktur Utama Perum Bulog di Jakarta bahwa kita membutuhkan gudang bawang dengan dilengkapi sarana dan pra saranan,” terangnya.

Mengenai hal itu pihaknya akan mendatangkan tim teknis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan para ahli untuk meninjau lokasi pembangunan gudang bawang. “Nanti teknisnya mereka akan turunkan tim dari IPB dan para ahli,” katanya.

Saat ditanya mengenai pembangunan gudang untuk penyimpan garam, dia mengatakan, sesuai dengan Perpres bahwa garam belum termasuk komuditi pokok. Tapi pihaknya sudah mengusulkan hal itu ke Pemerintah Pusat. “Kita sudah usulkan itu, mudah-mudahan kebijakan pusat bahwa garam Bima menjadi komuditi pokok,” ucapnya.

Muzakir berharap dengan adanya gudang bawang, produksi bawang bisa bertahan lebih lama. “Kita bisa antisipasi jika harga bawang turun dengan adanya gudang penyimpanan itu,” katanya.

[Moen/adv]

Related

Pemerintahan 8079988959713174708

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item