Pansel Sosialisasi Seleksi Calon Anggota KPU NTB

  Aktualita, Bima - Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi NTB Periode 2024-2029 menyosialisasikan proses penjaringan. Sosialisasi berlangsu...

 


Aktualita, Bima - Tim Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi NTB Periode 2024-2029 menyosialisasikan proses penjaringan. Sosialisasi berlangsung di aula KPU Kabupaten Bima, Senin 9 Oktober 2023.

Tim Seleksi, Prof Mahyuni, MH, PhD menyampaikan, dalam seleksi ini semua memiliki kesempatan yang sama. Peserta calon seleksi lebih dulu harus mengisi aplikasi Si Akba. Bagi yang terpenuhi administrasinya akan mengikuti seleksi selanjutnya, baik CAT, tes psikologi, kesehatan, wawancara, tulisan essay.

Anggota Tim Lainnya, Drs Cukup Wibowo, berharap lahir komisioner KPUNTB dari Bima. Terpenting diawal semua syarat pencalonan dapat dipenuhi.

Dijelaskannya, ada tujuh tahapan yang dilakukan oleh Tim Seleksi. Mulai dari pengumuman pendaftaran yang saat ini sedang dituntaskan tim. Mulai dari Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa.

“Menerima pendaftaran selama 12 hari mulai 5 Oktober sampai 16 Oktober,” jelasnya.

Tes tulis dengan sistem CAT, dinilainya paling obyektif. Tes kesehatan yang dilakukan oleh pihak yang berkompeten. “Ada tanggapan masyarakat juga dan sangat diperlukan untuk dijadikan acuan untuk klarifikasi. Dalam istilah media, kami harus berimbang,” ujarnya.

Pendaftaran ini juga, jelasnya, tidak hanya bagi masyarakat umum dengan jenjang pendidikan minimal S1, juga ASN. Namun harus mengantongi ijin dari pembina kepegawaian.

Aspek lain yang juga diperhatikan Tim Seleksi, yakni pengelaman kepemiluan. Ada bobot penilaian yang akan diberikan dengan tetap berdasarkan obyektifitas. 

Dipastikannya, tim seleksi tetap obyektif dan tidak ada pertimbangan karena kedekatan. Semua akan ditentukan berdasarkan peringkat tertinggi dan terendah.

“Lolos administrasi sebanyak 20 kali kebutuhan dan 30 persen keterwakilan perempuan. Proses tidak akan berhenti jika tidak terjadi hal seperti itu,” terangnya.

Penyampaian pengumuman nama calon anggota KPU NTB 18 November 2023.

[akt.01]

Related

Politik 7932849651180936667

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item