KPU Kota Bima Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih untuk Pelajar SMKPP

Persiapan Pemilihan Ketua Osis Periode 2023-2024 Anggota KPU Kota Bima Yety Safriati, saat menyampaikan materi sosialisasi. Aktualita, Kota ...

Persiapan Pemilihan Ketua Osis Periode 2023-2024

Anggota KPU Kota Bima Yety Safriati, saat menyampaikan materi sosialisasi.

Aktualita, Kota Bima - Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Sabtu (7/10/2023) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk siswa siswi SMKPP Kota Bima. Selain Menyampaikan informasi terkait tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKPP Bima Periode 2023-2024.

Kepala SMKPP Bima, Abdul Hamid, S.Pt, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan, bahwa saat ini SMKPP Bima masih menjadi sekolah penggerak untuk Projek Penguatan Pofil Pelajar Pancasila. Kemudian, ini merupakan tahun ke dua bagi SMKPP Bima melaksanakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis bekerjasama dengan KPU Kota Bima. Dalam sambutannya, Kepala SMKPP Bima meminta kepada KPU Kota Bima untuk memberikan informasi terkait tahapan-tahapan yang akan dilaksanakan dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis. 

Selain informasi tersebut, Kepala SMKPP juga meminta KPU Kota Bima untuk menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. "Kami juga membutuhkan informasi terkait penyelenggaran Pemilu tahun 2024, selain kapan hari pemungutan suara, kami juga butuh informasi lain terkait penyelenggaraan Pemilu nanti," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati pada kesempatan itu menyampaikan materi terkait Pemilih Pemula Cerdas Berdemokrasi. Pada kesempatan itu, Yety menjelaskan tentang demokrasi, kemudian sejarah demokrasi di Indonesia. Dilanjutkan dengan Pemilu, sejarah Pemilu di Indonesia, hubungan antara demokrasi dan Pemilu. 

Yety menjelaskan juga tentang asas Pemilu di Indonesia, Sistem Pemilu yang digunakan, serta informasi terkait dengan Daerah Pemilihan untuk Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Yety juga menjelaskan tentang syarat untuk bisa memberikan hak suara di TPS pada hari pemungutan suara dan informasi lain yang berkaitan dengan Pemilu tahun 2024. 

Diakhir penyampaian materi, Yety menyampaikan beberapa hal terkait dengan persiapan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMKPP Bima Periode 2023-2024. Pada kesempatan itu, Yety juga mengajak Siswa Siswi SMKPP Bima untuk terlebih dahulu berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, sebelum hari pemungutan suara.

"Di RPP Lawata, nanti kita bisa mensimulasikan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, karena di sana ada ruang Simulasi TPS," tutup Yety.

Kegiatan Sosdiklih tersebut ditutup dengan foto bersama. Seperti biasa, saat menyampaikan materi sosialisasi, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Bima ini, selalu menyelipkan pertanyaan untuk dijawab oleh peserta sosialisasi. Bagi yang bisa menjawab, maka akan diberikan hadiah.

[akt.02]

Related

Politik 6149708058328040927

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item