400 Pantarlih Ikuti Pelantikan, Apel Kesiapan dan Bimtek

Pantarlih saat apel kesiapan usai pelantikan. [akt] Aktualita, Kota Bima - Sebanyak 400 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) ...

Pantarlih saat apel kesiapan usai pelantikan. [akt]

Aktualita, Kota Bima - Sebanyak 400 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Bima, Minggu (12/2/2023) dilantik. Secara serentak pelantikan Pantarlih tersebut dilakukan oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap kelurahan atas nama Ketua KPU Kota Bima. Usai dilantik, Pantarlih tersebut kemudian mengikuti Apel Kesiapan Pantarlih dan juga kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek). 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati menjelaskan, Pantarlih tersebut dilantik setelah melewati tahapan seleksi yang dimulai sejak tanggal 26 Januari 2023 sampai dengan tanggal 12 Februari 2023, sesuai dengan Lampiran Keputusan KPU No 67 Tahun 2023 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan KPU No 476 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota . 400 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih tersebut tersebar di 41 kelurahan yang ada di Kota Bima. 

Lanjut Yety, Pantarlih dibentuk untuk membantu PPS dalam melaksanakan kegiatan pemutakhiran data Pemilih untuk penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan. Masa kerja Pantarlih tersebut menurut Yety, mulai tanggal 12 Februari 2023 sampai dengan 11 April 2023. 

“Salah satu tugas Pantarlih adalah melaksanakan Pencocokkan dan Penelitian terhadap data pemilih atau yang kita kenal dengan istilah Coklit,” jelas Yety.

Ditambahkan Yety, kegiatan pelantikan Pantarlih yang dilaksanakan secara serentak tersebut dihadiri oleh Lurah, Babinsa, Bhabibnkamtibmas dan Pengawas Kelurahan disetiap kelurahan. Sementara KPU Kota Bima dan juga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lima kecamatan yang ada di Kota Bima, melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Setelah selesai kegiatan pelantikan, Pantarlih ditiap kelurahan kemudian mengikuti kegiatan Apel Kesiapan Pantarlih dan juga Bimbingan Teknis (Bimtek) dari PSS masing-masing. Apel Kesiapan Pantarlih tersebut digelar di halaman kantor lurah masing-masing. 

“Alhamdulillah, untuk semua rangkaian kegiatan mulai dari Pelantikan, Apel Kesiapan Pantarlih dan juga Bimtek berjalan lancar,” tutup Yety.

[akt.02]

Related

Politik 2825911473624291022

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item