SMPN 8 Kota Bima Kunjungi RPP Lawata KPU Kota Bima

  Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati, menjelaskan tahapan Pemilu pada...

 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati, menjelaskan tahapan Pemilu pada siswa SMPN 8 Kota Bima.
Aktualita, Kota Bima, - Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Sabtu (3/9/2022) dikunjungi oleh siswa/siswi dari SMP Negeri 8 Kota Bima. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mengetahui informasi terkait tahapan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah, Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara, dan informasi lain terkait Pemilu dan Demokrasi. 

Kunjungan siswa/ siswi tersebut diterima oleh Plh Ketua KPU Kota Bima, yang juga merupakan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati. Pada RPP Lawata, ada beberapa ruangan yang akan dikunjungi oleh pengunjung. Mulai dari Ruang Display, Ruang Perpustakaan Mini, Ruang Audio Vidual, dan Ruang Simulasi TPS.

Sesuai dengan alur pelayanan pada Rumah Pintah Pemilu Lawata KPU Kota Bima, pengunjung terlebih dahulu mengisi buku tamu. Kemudian, di Ruang Display, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Yety Safriati mengenalkan secara singkat Rumah Pintar Pemilu Lawata yang dimiliki oleh KPU Kota Bima. 

Dijelaskan Yety, Rumah Pintar Pemilu merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan sebuah program aktifitas project edukasi masyarakat. RPP juga memiliki fungsi layaknya museum Pemilu, untuk mengenal sejarah dan perkembangan penyelenggaraan Pemilihan Umum secara nasional dari masa ke masa. 

Lanjut Yety, banyak informasi yang bisa diperoleh dari RPP Lawata KPU Kota Bima. Mulai dari sejarah Demokrasi dan Pemilu, peserta dan hasil Pemilu Tahun 2014 dan 2019, dan juga hasil Pemilihan Kepala Daerah terakhir tahun 2018. 

“Jika ada tugas dari Bapak/Ibu Guru tentang Demokrasi dan Kepemiluan, silahkan adek-adek berkunjung ke RPP Lawata, di sini banyak buku yang berkaitan dengan Demokrasi dan Kepemiluan dan ini bisa menjadi referensi bagi adek-adek untuk menyelesaikan tugas tersebut. Waktu kunjungan ke RPP Lawata bisa dilakukan dari hari Senin sampai Jum’at, dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 15.00 Wita, ” jelas Yety. 

Sebelum pengunjung tersebut diarahkan menuju aula KPU Kota Bima, terlebih dahulu siswa/ siswi diarahakan menuju Ruang Simulasi TPS. Di Ruang Simulasi TPS, siswa/ siswi diberikan penjelasan tentang kegiatan Pemungutan dan Penghitungan Suara, serta tugas masing-masing Ketua dan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Yety juga menjelaskan terkait jenis dan tata cara pengisian formulir-formulir yang dibutuhkan saat proses Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Setelah dari ruang simulasi TPS, pengunjuung RPP kemudian menuju Aula Kantor KPU Kota Bima. Kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan kuis. Dimana setiap siswa/siswi berebut untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang diberikan oleh Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Bima. 

“Kami berharap, ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir. Tetapi ke depan, masih akan banyak lagi kunjungan lanjutan,” tutup Yety. 

Sementara perwakilan dewan guru dari SMP Negeri 8 Kota Bima, Runus Raepunya pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh KPU Kota Bima. Ia berharap, Kerjasama seperti ini akan terus terjalin. Bahkan ia berharap, KPU Kota Bima bisa ikut memantau dan mendampingi pada saat penyelenggaraan Pemilihan Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis Periode 2022 – 2023 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

“Terimakasih atas sambutannya, kami berharap nanti kami bisa didampingi pada saat penyelenggaran Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis,” tutupnya.

[akt.01]

Related

Politik 8163041126915517536

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item