Harga BBM Naik, DKP Kota Bima Jual Murah Sejumlah Bahan Pangan

Sejumlah bahan pokok yang dijual dengan harga murah di BPM/OP Bapok Dinas Ketahan Pangan Kota Bima. Aktualita, Kota Bima - Membantu masyarak...

Sejumlah bahan pokok yang dijual dengan harga murah di BPM/OP Bapok Dinas Ketahan Pangan Kota Bima.

Aktualita, Kota Bima - Membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok (Bapok), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima mengadakan Bazar Pangan Murah atau Operasi Pasar (BPM/OP).

Kegiatan sosial sekaligus Launching Beras Cadangan Pangan Pemerintah (BCPP) untuk masyarakat ekonomi lemah tersebut, dilaksanakan di halaman dinas setempat, Rabu, 7 September 2022. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, Ichwanul Muslimin, mengatakan, BPM/OP Bapok yang digelar adalah tindak lanjut dari surat imbauan Badan Ketahanan Pangan RI dan Provinsi NTB untuk menekan laju inflasi di Kota Bima sebagai akibat dari kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Bazar Murah/OPM ini cara kami dalam menstabilkan harga-harga pangan di Kota Bima pasca kenaikan harga BBM," katanya.

Diakui, BPM/OP Bapok digelar di Dinas Ketahanan Pangan karena menurut walikota progres dinas setempat stagnan. Sehingga, Ichwanul menginisiasi pelaksanaannya di halaman kantor tersebut 

"Kegiatan ini dilakukan di halaman kantor dinas ini, karena dinas ini adalah dinas yang progresnya stagnan, sehingga kami berusaha lebih maju dengan kegiatan Bazar murah/OPM ini. Walaupun dengan anggaran terbatas, kami upayakan untuk membantu masyarakat," akunya.

Wali Kota Bima, HM Lutfi, menjelaskan, kegiatan BPM/OP atas dukungan Bulog dan institusi lain yang merasa terpanggil guna mengatasi masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan.

"Insya Allah gerakan sosial yang dilakukan pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah dapat menekan atau menstabilkan harga Bapok," katanya.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai contoh bagi kita semua agar melakukan langkah-langah solutif dalam memenuhi kebutuhan Bapok. Misalnya, menanam berbagai jenis tanaman Bapok di pekarangan rumah kita," tambahnya 

Lutfi mengapresiasi berbagai pihak yang mendukung BPM/OP. Gerakan sosial seperti ini tidak saja dilakukan di Kota Bima, tetapi dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan daerah-daerah lain.

"Sekali lagi kita apresiasi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya 

BPM/OP Bapok hanya digelar sehari, pagi hingga sore. Adapun jenis Bapok dan harga jualnya yakni,

Beras Premium Rp8500 per kg, Beras Super Cap Segar Rp42500 per 5 kg, Tomat Rp40000 per kg, Cabe Merah Keriting Rp60000 per kg, Cabe Rawit Rp40000 per kg.

Telur Rp2000 per butir - Rp59000 per krat, Telur Arab Rp2500 per butir - Rp60000 per krat, Bawang Merah Rp18000 per kg, Minyak Goreng Kita Rp14000 per liter, Gula Pasir Rp13500 per kg, Daging Ayam Rp40000 per kg.

 
Wali Kota Bima, HM Lutfi, menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi BPM/OP Bapok.

Usai membuka secara resmi kegiatan, Walikota Bima menyerahkan secara simbolis Bapok pada 5 warga. Penyerahan Bapok gratis sebagai apresiasi terhadap warga yang hadir tepat waktu atau lebih awal pada kegiatan tersebut. Selain itu, penyerahan beras cadangan pangan oleh Walikota kepada 5 Camat.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 2220602514001348388

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item