Bupati dan Wabup Minta Cakades Komitmen untuk Bekerjasama Sukseskan Pilkades Damai

  Bupati dan Wabup memberikan arahan Pilkades damai. Aktualita, Bima - Bupati dan Wakil Bupati Bima, Hj. indah Dhamayanti Pitri dan H. Dahl...

 

Bupati dan Wabup memberikan arahan Pilkades damai.

Aktualita, Bima - Bupati dan Wakil Bupati Bima, Hj. indah Dhamayanti Pitri dan H. Dahlan M. Noer, memberikan arahan pada panitia, Ketua BPD, dan para calon Kades (Cakades) yang akan mengikuti perhelatan Pilkades serentak tahun ini di Kecamatan Sape dan Lambu. Arahan tersebut disampaikan dalam kegiatan silaturahmi dan pembinaan para Cakades di Aula Kantor Camat Sape, Jumat 10 Juni 2022.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, dalam arahannya menyampaikan, beberapa kontestasi Pilkada dan Pilkades, masyarakat Sape memiliki tingkat kesadaran politik sangat tinggi. Selain itu, menaati regulasi yang ada dengan tingkat kerawanan yang tergolong rendah. 

"Pemerintah daerah berterima kasih kepada semua pihak, karena sejauh ini tahapan Pilkades di kecamatan berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Kepada para Cakades, bupati mengingatkan agar memanfaatkan dengan baik masa kampanye.

Semua Cakades diminta harus menghindari kampanye hitam, berbau SARA dan saling menjatuhkan. Manfaatkan semua tahapan kampanye untuk menyampaikan visi, misi dan 'menjual program' selama periode jabatan jika terpilih dengan melihat potensi yang ada di desa. 

"Demikian halnya, program yang dijabarkan harus diselaraskan dengan anggaran yang tersedia dalam satu tahun anggaran," imbuhnya.

Bupati Indah menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pilkades serentak tahun ini.Pilkades dipandang berhasil apabila tingkat partisipasi pemilih melebihi 70 persen. 

"Oleh karena itu, peran para tokoh untuk memberikan pemahaman dan menyosialisasikan semua tahapan amat diperlukan," katanya.

Ia juga menyampaikan agar para Kades dan Muspika sering turun ke desa penyelenggara Pilkades. Untuk memastikan situasi keamanan dan mendorong partisipasi masyarakat mengikuti tahapan pencoblosan tanggal 6 Juli 2022 mendatang. 

Sukses Pilkades, katanya, bukan hanya pekerjaan panitia. Tetapi, yang paling penting adalah partisipasi dan dukungan aktif masyarakat mendukung kinerja panitia, kepala desa dan Muspika serta bagi para Cakades.

"Sekarang saatnya meyakinkan masyarakat untuk menata desa," ujarnya.

Bagi para panitia pelaksana Pilkades, bupati secara khusus menekankan pentingnya menjaga netralitas dalam bertugas. 

Sementara, Wabup Dahlan mengatakan, semua yang berkompetisi dalam Pilkades harus memiliki komitmen untuk membangun kerjasama dengan masyarakat, pemerintah kecamatan, Muspika dan pemerintah daerah. 

"Karena dengan hubungan yang baik, semua bisa dikomunikasikan dengan baik jika ada masalah," katanya.

Pada para Cakades, panitia dan Ketua BPD lima desa peserta Pilkades serentak wilayah setempat, Wabup mengingatkan agar para calon dan tim pemenangan menghindari perbedaan pandangan politik di masa lalu yang dikaitkan dengan Pilkades. Jangan ada lagi pihak yang mengungkit perbedaan pandangan politik saat Pilkada 2020 lalu. "Saat ini waktunya untuk bersama-sama membangun desa," tandasnya.

Silaturahmi dan pembinaan tersebut, bupati dan Wabup didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), H. Putarman, Kepala Dinas Kominfostik Kamaludin, Kadis Nakertrans, Fatahullah dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jaidun, dan Kadis Pertanian dan Perkebunan Hj. Nurma. 

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putera Ferryandi, 19 Cakades, Panitia Pilkades serentak, para Ketua dan anggota BPD, serta para Kades.

[akt.03]

Related

Politik 2114640728635963137

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item