Konferta V AJI Mataram, Pasangan Cem - Wahyu Terpilih Aklamasi

Ketua Demisioner AJI Mataram menyerahkan hasil Konferta V pada Ketua dan Sekretaris AJI Mataram Periode 2022-2025. Aktualita, Mataram - Konf...

Ketua Demisioner AJI Mataram menyerahkan hasil Konferta V pada Ketua dan Sekretaris AJI Mataram Periode 2022-2025.

Aktualita, Mataram - Konferensi Kota (Konferta) V Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram berlangsung sederhana penuh kekeluargaan di Sekretariat AJI Mataram, Sabtu (28/5/2022) dan Minggu (29/5/2022).

Agenda tiga tahunan  AJI Kota Mataram ini, menetapkan pasangan Muhammad Kasim dan Wahyu Widiantoro (Cem-Weweq) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Kota Mataram periode 2022-2025. 

Konferta V AJI Kota Mataram diawali dengan peresmian Bale Berayan Sekolah Pedalangan Wayang Sasak dan kantor AJI Kota Mataram di Lingkungan Bendega Kelurahan Tanjung Karang Mataram. 

Kemudian dilanjutkan dengan menggelar workshop secara hybrid dengan tema "Liputan Aman di Era Digital" menghadirkan pemateri yakni, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, Perwakilan AJI Indonesia Musdalifah, Ketua Badan Hukum Pidana Fakultas Hukum Unram Syamsul Hidayat, dan Dosen Lingiustik FKIP Unram Ahmad Sirulhaq. 

Dalam diskusi tersebut AJI Kota Mataram membahas beberapa kasus kekerasan yang dihadapi jurnalis selama meliput berita. Hal itu pun menjadi konsen disuarakan AJI Kota Mataram kepada penyintas rentan menjadi kekerasan terhadap jurnalis.

"Kami adalah mitra dengan semua jurnalis di Mataram. Tanpa mereka Polda akan kesulitan menyuarakan informasi ke publik," ujar Artanto. 

Dia pun akan membuka selebar-lebarnya aduan jika ada ada pihak yang melakukan kekerasan kepada jurnalis di Mataram. Baik secara fisik, verbal dan lainnya. 

Konferta berlangsung sederhana

Pemilihan Ketua dan Sekretaris AJI Mataram berlangsung riang gembira, Minggu (29/5/2022). Peserta konferta mengusulkan beberapa calon. Namun demikian, pasangan Cem-Weweq terpilih secara aklamasi dan memimpin AJI Mataram selama tiga tahun ke depan. 

Dalam keterangannya, Ketua AJI terpilih Muhammad Kasim bersyukur bisa menyaksikan proses sejarah dalam konferta V AJI Mataram. 

Meski konferta digelar sederhana ujar Kasim, namun dinamika pemilihan tetap terjadi. Pada akhirnya berakhir dengan aklamasi. 

"Saya berterima kasih kepada teman-teman karena konferta ini menjadi bagian dari sejarah yang harus kita jalani bersama. Meskipun dalam proses pemilihan muncul dinamika," kata Cem sapaan akrabnya. 

Cem kini masih aktif sebagai jurnalis Suara NTB memiliki komitmen memperjuangan tri panji. Yakni, kebebasan pers, kesejahteraan jurnalis, dan berserikat. 

Tiga hal ini sangat krusial dan menjadi tantangan jurnalis ke depannya. Terlebih saat pandemi COVID-19, jurnalis dihadapkan pada pemilihan berat. 

Perusahaan media memangkas gaji, PHK sepihak hingga mengabaikan kesehatan dan keselamatan jurnalis terhadap ancaman penularan COVID-19. 

"Badai berat yang dirasakan jurnalis adalah saat pandemi. Sampai saat ini, perusahaan masih memotong gaji jurnalis," ujarnya. 

Sesuai dengan hasil diskusi yang dilaksanakan secara hybrid kata Cem jurnalis harus tetap menjalankan kerja-kerja jurnalistik dengan profesional. 

"Kami tetap minta kepada semua rekan AJI Kota Mataram  tetap bekerja sesuai kode etik jurnalistik dan mematuhi undang-undang pers," pungkas Cem.

[akt.03/*]

Related

Ragam 8538625299781058246

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item