Kasus Melonjak, Pemkot Bima Siapkan Ruangan Isolasi Pasien Covid-19

RSUD Kota Bima yang dijadikan RS rujukan pasien Covid-19 (google) AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Pemerintah Kota Bima, telah menyiapkan ruang ...

RSUD Kota Bima yang dijadikan RS rujukan pasien Covid-19 (google)

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Pemerintah Kota Bima, telah menyiapkan ruang isolasi bagi pasien Covid-19 yang melonjak beberapa hari terakhir.

Kasubag Pemberitaan Humas dan Protokol Kota Bima, Dian Fitriani kepada wartawan mengatakan, Pemkot Bima sudah menyiapkan ruang isolasi Covid-19 jauh sebelum kasus kembali melonjak seperti saat ini.

“Kami sudah prediksi akan terjadi seperti ini, karena melihat ruang isolasi di RSUD Bima terbatas,“ ujarnya, (16/9).

Dian menjelaskan, sejak awal Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, sudah mengajukan agar RSUD Kota Bima dijadikan sebagai RS rujukan Covid-19, sehingga disiapkan ruang isolasi.

Selain itu, saat ini Pemkot sudah menyiagakan ruangan isolasi pada beberapa puskesmas. Sehingga ketika ada lonjakan kasus, semua fase fasilitas kesehatan telah siap. “Jadi bukannya tidak merespon, tapi kita memang sudah siapkan,“ tegas Dian.

Ditambahkannya, dalam Perwali juga telah diatur bagaimana penanganan dan pencegahan Covid-19 dititkberatkan pada RT dan RW di lingkungan masing-masing.

Ketika ada warga yang dinyatakan positif Covid-19, maka kepala satuan lingkungan harus mengawasi isolasi mandiri bagi pasien.

“Kalau yang tidak bergejala atau OTG, maka kita arahkan isolasi mandiri di bawah pengawasan petugas kesehatan. Nah, RT dan RW mengawasi isolasi mandiri yang dilakukan oleh pasien,“ beber Dian.

Ditambahkannya, apapun upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 akan percuma, jika tidak ada kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

[akt.01]

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item