Kota Bima Satu-satunya di NTB Dinyatakan Zona Hijau Covid-19

AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA-Dari 37 kota dan kabupaten di Indonesia, Kota Bima adalah salah satu daerah yang dinyatakan zona hijau. Sekalig...

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA-Dari 37 kota dan kabupaten di Indonesia, Kota Bima adalah salah satu daerah yang dinyatakan zona hijau. Sekaligus menjadi satu-satunya daerah di NTB yang sudah nol positif Covid-19.

Wali Kota Bima, HM. Lutfi, SE
Hal itu berdasarkan pengumuman Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melalui video conferencenya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/6).

Disebutkan dari 37 kabupaten dan kota yang sukses mengubah statusnya dari zona kuning Covid-19 menjadi zona Hijau. Untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah Kota Bima, satu-satunya yang sukses menjadi zona hijau Covid-19 dan berisiko rendah terkait penularan covid-19. Sehingga Kota Bima dinyatakan bisa membuka kembali sektor perekonomian.

Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE mengungkapkan rasa haru dan bahagianya, karena Kota Bima berada pada zona hijau, aman dan terbebas dari penyebaran wabah covid-19.

Apresiasi dan ucapan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak. Terutama seluruh elemen masyarakat Kota Bima mulai dari anggota Forkominda Kota Bima, Pimpinan DPRD dan jajaran, TNI/Polri. Seluruh ASN Kota Bima mulai dari Tim Gugus Tugas Kota hingga kelurahan, camat, lurah, RT/RW, relawan, BUMN/BUMD. Telah berpartisipasi mendukung dan membantu Pemkot Bima dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ini adalah keberhasilan kita semua, seluruh masyarakat Kota Bima. Bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Bima dan berhasil menjadi zona hijau,” ungkap Wali Kota Bima bangga.

Apresiasi juga terhadap seluruh tenaga medis, tanpa lelah memberikan pelayanan. Baik pencegahan penyebaran penyebaran di masyarakat, maupun pelayanan kesehatan kepada pasien Covid-19 di lokasi isolasi maupun rumah sakit.

Kendati sudah berada di zona hijau, wali kota mengharapkan apa yang telah dicapai ini tidak membuat lengah. Masyarakat tetap waspada dalam menjalankan aktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Alhamdulillah, kami berharap untuk selanjutnya Kota Bima terus berada pada zona hijau. Kami juga berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan covid-19 menuju kehidupan new normal dengan tetap menggunakan masker dan mematuhi sosial distancing dan physical distancing,” ajaknya.

Selama ini kata dia, mekanisme PSBK telah dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kota Bima. Demikian pula, edukasi dan sosialisasi terkait covid-19 tetap diberikan pada masyarakat. Baik oleh Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Bima, maupun melalui pihak kecamatan, kelurahan, dan RT/RW.

“Sejauh ini kita sudah lalui semua mekanisme yang ada. Edukasi masyarakat melalui RT dan RW, pengetatan PSBK, penempatan Washtafel Portable ditempat keramaian seperti, pasar dan perkantoran, disinfektan tempat umum secara rutin dan terus menghimbau masyarakat untuk selalu cuci tangan,” ujarnya.

Terkait realisasi pengunaan dana Covid-19 disebutkan, sampai dengan Mei pada angka Rp. 4.460.555.500. Dengan rincian, April sebesar Rp. 517.030.000 dan Mei Rp. 3.943.525.500.

Penggunaan dana Covid-19 itu tersebar di beberapa OPD, diantaranya BPBD, Dikes, Dinsos Koperindag dan Kesbangpol.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 8060444884932495557

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item