Sensus Penduduk, Acuan Pengambilan Kebijakan Pemerintah

Sekda Kabupaten Bima, Drs. H.M. Taufik HAK (kiri), Kepala  Diskominfostik, Fahrurahman SE, M.Si (tengah) dan Kepala BPS Kabupaten Bima, Dr...

Sekda Kabupaten Bima, Drs. H.M. Taufik HAK (kiri), Kepala Diskominfostik, Fahrurahman SE, M.Si (tengah) dan Kepala BPS Kabupaten Bima, Drs. Sapirin, saat rakor SP2020. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020), akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah bagi perencanaan pembangunan. Sehingga, menghasilkan keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasikan kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs. H.M. Taufik HAK, mewakili Bupati Hj. Indah Dhamayanti Putri, dalam rapat koordinasi SP2020 di aula Kantor Pemkab Bima, Kamis (20/2).

Rakor dihadiri 60 peserta, yakni para kepala OPD, Kepala Bagian Setda dan Camat se-kabupaten Bima. Saat itu, Sekda didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima, Fahrurahman SE, M.Si, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima, Drs. Sapirin.

Menurut Sekda Taufik, pelaksanaan SP2020 membutuhkan keterlibatan semua perangkat daerah dan para camat. Kunci kesuksesan penyelenggaraannya, adalah koordinasi intensif BPS dengan setiap perangkat daerah dan camat. “Pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan kita,” ujar Sekda, dalam keterangan tertulis Dinas Kominfostik, Suryadin, M.Si.

Sekda meminta setiap OPD dan camat untuk memberi dukungan penuh dalam kegiatan SP2020. Melalui penyebarluasan informasi di berbagai kesempatan dan media, serta mengajak jajaran yang berada di lingkup unit kerja masing-masing. “Untuk berpartisipasi dalam SP online dan membantu petugas sensus pada pelaksanaan SP Wawancara,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfostik Kabupaten Bima, Fahrurahman, SE, M.Si, dalam laporannya mengatakan, Rakor SP2020 ini dalam rangka membantu kegiatan Sosialisasi seluruh tahapan sensus yang tengah dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Bima.

“Diskominfostik sebagai stakeholder berkewajiban agar semua informasi yang berkaitan dengan SP2020 dapat disampaikan secara utuh kepada masyarakat,” jelasnya.

Menutup laporannya, Fahrurahman berharap agar semua kepala OPD dan camat memastikan dukungan bagi kelangsungan SP2020. Mengingat data dan informasi yang dihasilkan, penting dalam proses pengambilan keputusan pemerintah daerah yang tepat sasaran.

[akt.03]

Related

Pemerintahan 2904186808336688761

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item