Minim Lowongan Kerja, Permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Menurun

Suasana di loket permohonan SKCK Polres Bima Kota. Tampak petugas sedang melayani pemohon SKCK. {akt/ist] AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA ...

Suasana di loket permohonan SKCK Polres Bima Kota. Tampak petugas sedang melayani pemohon SKCK. {akt/ist]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di  Polres Bima Kota sepanjang tahun 2019, menurun. Hal itu disebabkan minimnya pembukaan lowongan kerja di sektor pemerintahan maupun swasta.

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono melalui Kasubbag humas IPTU Hasnun H AR menyebutkan, permohonan SKCK tahun 2019 sebanyak 7.356. Tahun 2018 lalu sebanyak 7.449. “Jadi, turunnya ada 93 permohonan SKCK di tahun 2019,” sebut Hasnun, Jumat (3/1).

Meki begitu kata dia, terjadi lonjakan permohonan SKCK di bulan Agustus 2019. Yakni, sebanyak 1.135 SKCK yang diterbitkan. “Hal ini karena bersamaan dengan momentum pelaksanaan Pilkades. Sehingga para Calon Kades yang mengikuti kontestasi salah satu syaratnya harus ada SKCK,” jelas Hasnun.

Sementara di tahun 2018, lanjut dia, bertepatan dengan momentum pembukaan pegawai tidak tetap di sektor pemerintahan. Terbanyak di bulan Juli dan Oktober masing-masing sebanyak 1.289 dan 1.010. “Sehingga saat itu (2018) jumlah permohonan SKCK lebih banyak dari tahun 2019,” ujarnya.

Hasnun menuturkan, secara umum permohonan SKCK digunakan untuk melamar pekerjaan pada momen-moen tertentu. Diantaranya, untuk melamar atau tes masuk TNI dan Polri, serta tes CPNS. “Selain itu untuk mengikuti Pilkades, pemilihan legislatif, Kaur Desa, dan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa,” sebutnya.

Dia menambahkan, untuk permohonan SKCK baru syaratnya tidak terlalu sulit. Cukup membawa fotocopy KTP, fotocopy kartu keluarga, photo 4x6 sebanyak 3 lembar berlatar merah, sidik jari, dan mengisi blangko yang telah disediakan.

“Sementara untuk SKCK perpanjangan, syaratnya fotocopy SKCK lama dan rumus sidik jari yang sudah dibuat di bagian identifikasi. Kemudian pas photo warna 3 lembar dan fotocopy KTP," pungkas Hasnun.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 1190280671714763427

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item