Dinas Kominfo Kota Akan Tingkatkan Peran Kelompok Informasi Masyarakat

AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang terbentuk di setiap kelurahan di Kota Bima, turut berperan dalam meny...

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang terbentuk di setiap kelurahan di Kota Bima, turut berperan dalam menyampaikan informasi. Khususnya informasi-informasi terkait aktivitas dan kreativitas masyarakat maupun pemerintah di kelurahan.

Ir Supawarman
Berdasarkan hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima tahun ini akan mendorong terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di setiap kelurahan. KIM yang sebelumnya sudah ada pada beberapa kelurahan juga akan mulai ditingkatkan keberadaan dan perannya.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Ir Supawarman, KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh dari, untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif, yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Pengangkatan kelompok ini pemerintah kelurahan, sementara nama-nama KIM ditiap kelurahan di Kota Bima akan disahkan oleh Walikota Bima,” terangnya, Selasa (28/1).

Untuk bentuk kerja-kerja KIM kata dia, akan diatur pada Peraturan Walikota (Perwali) Bima. Kelompok tersebut akan memberikan informasi kepada pemerintah, tentang permasalahan apa yang ada di masyarakat. Sehingga pimpinan daerah bisa langsung mengambil kebijakan dan solusi.

Pemerintah juga sambungnya, sesuai Perwali akan mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri, sebagai wahana informasi dalam masyarakat. Kemudian meningkatkan peran KIM dalam memperlancar arus informasi antar pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan masyarakat.

“Karena kelompok ini akan sangat membantu, rencananya nanti pemerintah akan memberikan bantuan sejumlah komputer,” katanya.

Supawarman menjelaskan, karena program KIM sejalan dengan keberadaan Rumah Aspirasi dibeberapa kelurahan, maka bisa dimanfaatkan Rumah Aspirasi untuk bekerja. Kelurahan yang belum memiliki rumah aspirasi, untuk sementara bisa memakai kantor pemerintah kelurahan.

Ia menambahkan, tentu peran KIM nanti akan sangat diharapkan. Karena aktivitas kelompok tersebut dalam mendayagunakan informasi, dapat meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat dan meningkatkan aktivitas KIM dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 8906036478777618171

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item