Launching Tahapan Pilkada 2020, KPU Usung Tema Pilkada ‘Maraso’

Komisioner KPU Kabupaten Bima dan Ketua KPU NTB bersama Bupati dan Wakil Bupati Bima serta Komisioner Bawaslu meluncurkan Tahapan Pilkada ...

Komisioner KPU Kabupaten Bima dan Ketua KPU NTB bersama Bupati dan Wakil Bupati Bima serta Komisioner Bawaslu meluncurkan Tahapan Pilkada 2020. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - KPU Kabupaten Bima menggelar Peluncuran Tahapan Pilkada Kabupaten Bima tahun 2020. Digelar di Lapangan Garuda Desa Nisa Kecamatan Woha, Rabu malam, 20 November 2019.

Peluncuran dihadiri para Komisioner KPU Kabupaten Bima, Ketua KPU NTB, para Koisioner KPU se-NTB, Bupati dan Wakil Bupati Bima, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima dan sejumlah anggota FKPD, tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Bima.

Ketua Panitia Kurniawan, S.Sos, dalam laporannya memaparkan, kegiatan itu merupakan tanda dimulainya seluruh rangkaian tahapan Pilkada Kabupaten Bima tahun 2020. Selain itu, sebagai momentum sosialisai tahapan Pilkada kepada masyarakat. "Kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui tema dan maskot Pilkada Maraso, yang berarti bersih" katanya.

Pose bersama usai peluncuran tahapan Pilkada
Melalui kegiatan peluncuran tahapan Pilkada, Kurniawan berharap tercipta komitmen bersama seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Pilkada yang Maraso.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran menuturkan, partisipasi Pemilu 2019 di Kabupaten Bima melampui target nasional. Dan diakui berjalan sukses tanpa gangguan sehingga menghapus status zona merah yang disematkan sejumlah pihak. "Ini prestasi kita semua yang telah berpartisasi di seluruh tahapan Pemilu," ujarnya.

Pesta Demokrasi lima tahunan Kali ini KPU, Kabupaten Bima mengusung tema 'Pilkada Maraso'. Artinya, mewujudkan Pilkada tahun 2020 yang bersih. "Maraso itu sendiri singkatan dari mandiri, akuntabel, responsif, aksesibilitas, sinergitas dan objektif," jelas Imran.

Imran berharap, semua komponen yang hadir saat ini dapat menyampaikan informasi tahapan Pilkada ke masyarakat. Khususnya kepada saudara, kerabat dan tetangga dekat. "Saya berharap seluruh komponen masarakat, bersama mewujudkan Pilkada Maraso," harapnya.

Ketua KPU NTB, H. Syamsuddin menegaskan Pilkada tahun 2015 lalu yang dikhawatirkan berdarah-darah oleh sejumlah pihak, tidak terjadi. Diharapkannya, Pilkada 2020 mendatang lebih baik lagi.

"Visi KPU adalah bagaimana penyelenggara pemilu bertindak profesional dan berintegritas. Oleh karena itu, mari kita jalankan secara profesional dan bertanggungjawab," ajaknya.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dalam sambutannya, mengapresiasi komitmen dan kerja keras KPU Bima serta seluruh masyarakat yang telah melewati tahapan Pilkada dengan baik.

Dikatakan, pemilihan bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 23 September 2020. Itu pertanda waktunya sudah semakin dekat.

"Sebagai kepala daerah, saya dan kita semua tentu menginginkan agar Pilkada mampu melahirkan pemimpin yang baik, bersih dan tentunya diharapkan seluruh masyarkat," katanya.

Umi Dinda sapaan akrabnya, berharap masyarakat dapat meningkatkan partisipasinya dalam Pilkada. Kota dan kabupaten lain bisa mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan bersih. "Kenapa kita tidak bisa?. Maka itu saya menaruh harapan besar pada KPU dan Bawaslu serta masyarakat sehingga tercapai Pilkada sesuai harapan bersama," tandasnya.


Peluncuran ditandai dengan menekan tombol sirine yang dilakukan secara bersama oleh para Komisioner KPU Kabupaten Bima, Ketua KPU NTB, Bupati dan Wakil Bupati Bima. Didampingi Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima dan sejumlah Komisioner KPU se-NTB.

Kegiatan peluncuran Tahapan Pilkada dirangkai dengan pelayanan kesehatan gratis, donor darah, serta perekaman KTP, KK, dan akta kelahiran bagi masyarakat.

Kegiatan peluncuran itu dihibur dengan sejumlah acara. Diantaranya tari tradisional, hiburan musik lagu Maskot Pilkada 2020 dan door prize dengan sejumlah hadiah menarik. Saat itu, diumumkan pula pemenang lomba cipta lagu dan Maskot Pilkada. Serta penyerahan hasil rekaman KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga kepada sejumlah warga. 

[akt.01]

Related

Politik 9118732626898851733

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item