Pesta Wira Usaha Komunitas TDA, Bima Berkarya untuk Indonesia

Komunitas TDA dan Panitia Penyelenggara Pesta Wirausaha Bima saat konferensi pers di STIE Bima. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA ...

Komunitas TDA dan Panitia Penyelenggara Pesta Wirausaha Bima saat konferensi pers di STIE Bima. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Untuk menumbuhkan minat dan semangat wirausaha kalangan anak muda di Bima, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) akan menggelar pesta wirausaha dengan tema Bima Berkarya untuk Indonesia.

Kegiatan yang akan menghadirkan sejumlah pengusaha sukses sebagai motivator dalam berbisnis tersebut, rencananya dihelat selama 2 hari di “Kampus Biru” STIE Bima, Sabtu dan Minggu, 7-8 September 2019. Diketahui, Komunitas Tangan Di Atas atau disebut TDA adalah suatu komunitas yang beranggotakan para wirausahawan muda dan orang-orang yang berminat pada dunia wirausaha.

Pesta Wirausaha TDA Bima mengusung berbagai acara. Yaitu panggung inspirasi, seminar bisnis, stand produksi UKM dan UMKM, stand kuliner, lomba menggambar dan mewarnai, peragaan busana, fun zumba, panggung musik, lomba selfie dan welfie.

“Event ini untuk menumbuhkan semangat enterpreneurship di Bima. Kita ingin melengkapi penta helix (kegiatan kerjasama antarlini atau bidang) untuk melengkapi dunia usaha di Bima,” ujar Ketua Panitia Pesta Wirausaha, Herdianto, saat konferensi pers di aula STIE Bima, Selasa, 3 September 2019.

Pesta Wirausaha ini, lanjut dia, bertolak dari niat yang tulus dan ikhlas Komunitas TDA untuk merangsang (influence) anak-anak muda di Bima agar terjun langsung menggeluti dunia usaha (wirausaha).

“Bima adalah tempat dimulainya pesta wirausaha Komunitas TDA. Ini (pesta wirausaha) akan digelar di berbagai daerah se-Indonesia. Kegiatannya terbuka untuk umum, siapa saja boleh datang menyaksikan tanpa dipungut biaya (gratis),” katanya.

Presiden Komunitas TDA 6.0, Donny Kris Puriyono, mengapresiasi semangat Komunitas TDA Bima. Ia juga mengapresiasi Pemperintah Provinsi NTB karena respon positifnya menyemangati perkembangan wirausaha.

“Bagi kami Komunitas TDA, Pemprov NTB khususnya Bima sangat spesial. Maka itu kami memilih Bima sebagai tempat kick off (dimulainya) pesta wirausaha dari ribuan yang akan digelar sampai finish tahun 2021 nanti. Bima memiliki potensi wisata yang memungkinkan bagi perkembangan wirausaha,” katanya.

Ia menjelaskan Komunitas TDA terbentuk tahun 2006. Berawal dari ngobrol santai mengenai dunia usaha di warung kopi sekitar 20 orang, kemudian sepakat membentuk Komunitas TDA. “Tahun 2019 ini adalah tahun ke 13 Komunitas TDA. Kenapa kita namakan Komunitas Tangan Di Atas, karena dalam agama tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah,” jelas Donny.

“Bahwasahnya kami bervisi, tangan di atas lebih baik dari yang di bawah. Bagi kami pengusaha yang sukses selalu menarik pengusaha yang di bawah sehingga sama-sama sukses. Kami ingin semuanya sukses sehingga bisa menarik yang lain dan berbagi,” tambahnya.

Lanjut dia, hingga tahun 2019 member (anggota) Komunitas TDA telah mencapai 95 persen yang tersebar di daerah-daerah se-Indonesia dan 5 negara. Jumlah dan jenis usahanya beragam, dari yang skala kecil hingga yang mencapai triliunan rupiah. “Memang awal-awalnya member TDA tidak banyak. Usahanya pun hanya berkutat pada level UKM. Namun seiring waktu, perkembangannya signifikan,” tutur Donny.

Ketua STIE Bima, Firdaus, mengatakan visi Komunitas TDA dan kegiatan pesta wirausaha selaras dengan visi kampus. Maka itu pihaknya menerima sebagai “tuan rumah” kegiatan tersebut.

Menurutnya Komunitas TDA merupakan kumpulan anak muda yang memiliki semangat berwirausaha. Alumni STIE, kata dia, banyak menjadi member Komunitas TDA. “Salah satunya Ketua Komunitas TDA Bima , Anang Zainy, adalah alumni kampus kami. Memang sudah menjadi visi kampus kami membentuk karakter enterpreneur dan turut ambil bagian menciptakan wirausahawan muda,” katanya.

Sementara, Penasehat Komunitas TDA Bima, Khairudin, mengingatkan agar para wirausahawan muda tetap menjaga semangat. Ia menyarankan Komunitas TDA Bima agar melibatkan media dalam kegiatan pesta wirausaha. “Peran media sangat strategis untuk memublikasikan kegiatan sehingga virus kesuksesan bisa ditularkan pada generasi,” katanya.

Ketua Komunitas TDA Bima, Anang Zainy, mengaku bangga karena TDA Bima dipercaya sebagai penyelenggara pertama pesta wirausaha seluruh Indonesia. “Ini kesempatan spesial bagi kami di tengah masih banyak orang yang belum begitu mengenal Bima,” ujarnya.

Menurut Anang Komunitas TDA Bima berkembang cukup baik. Hingga saat ini membernya 60 orang dengan berbagai level dan jenis usaha. “Kami harap dukungan Pemda bagi tumbuh kembangnya wirausaha baru, karena kiprah kami tak lepas dari Pemda terkait regulasi dan lainnya,” pungkas owner Yuank Kafe ini.

Pesta Wira Usaha Bima akan menghadirkan pengusaha sukses asal Bima yang akan berbagi kiat dan strategi berbisnis. Mereka adalah pengusaha sukses asal Sila, gunawan, yang memiliki transaksi bisnis Rp16 triliun di Rusia. Dokter Nasrulah asal Lambu yang memiliki klinik di Gili Trawangan pulau Lombok.

[akt.01]

Related

Ragam 8020616732504368632

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item