Bappeda dan Puskab Gelar Seminar Pembangunan Daerah

AKTUALITA.INFO , BIMA – Pemerintah Kabupaten Bima melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Lit...

AKTUALITA.INFO, BIMA – Pemerintah Kabupaten Bima melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang), akan menggelar Seminar dengan tema pokok prospek pembangunan ekonomi daerah berbasis komoditi unggulan dan dukungan sosial politik.

Seminar bekerjasama dengan Pusat Studi Konflik Agama dan Budaya (Puskab) NTB tersebut, akan digelar di aula kampus Vokasi Unram, Sondosia Kecamatan Bolo, Kamis, 29 Agustus 2019.

Seminar diharapkan bermanfaat sebagai rekomendasi kepada pemerintah daerah bagi pembangunan berkelanjutan dalam hal pengembangan ekonomi daerah.

Forum (seminar) itu juga merupakan wahana merumuskan peta konsep untuk memajukan komoditi unggulan daerah. Selain itu, terbangunnya komunikasi antara pemerintah daerah dan masyarakat, dalam menciptakan kondisi sosial dan politik demi keterlibatan semua pihak dalam pembangunan.

“Dengan demikian dari pandangan dan kacamata analisa para ahli dari luar pemerintah daerah, diharapkan ada nilai obyektivitas, fair, proporsional, dan terbuka,” kata Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima, Muzakkir, Senin, 26 Agustus 2019.

Dari sisi pandangan orang luar, lanjut dia, seminar ini diharapkan dapat menyerap aspirasi dari dinamika yang berkembangan di tengah masyarakat sebagai bahan masukan perbaikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan daerah.

Seminar sehari tersebut menghadirkan tiga orang akademisi yang akan menjadi narasumber, yaitu Irwan Husain (akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram). Irwan akan memaparkan materi Anatomi Potensi Wilayah Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah yang Berbasis Unggulan.

Narasumber lainnya yaitu akademisi Bima, Darwis, yang akan mengulas Kebijakan Pengelolaan sumberdaya alam dalam mengoptimalkan pembangunan ekonomi Kabupaten Bima. Kemudian Syarif Ahmad, juga akademisi dari Bima yang akan memaparkan materi sinergitas peran pemerintah, masyarakat, dan dunia Usaha dalam pembangunan daerah Kabupaten Bima.

Peserta seminar akan diundang dari bebagai kalangan. Seperti anggota DPRD Kabupaten Bima, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa, dan pengurus OKP dan PTS. 

[akt.02]

Related

Pemerintahan 4305828011139670167

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item