Event 'Teka Tambora' 2019, Berbagai Kegiatan Digelar Pemkab Bima

AKTUALITA.INFO , BIMA – Untuk kedua kalinya, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar kegiatan T...

AKTUALITA.INFO, BIMA – Untuk kedua kalinya, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar kegiatan TekaTambora (mendaki gunung Tambora). sebuah kegiatan jelajah alam untuk mempromosikan destinasi pariwisata yang berada di kawasan gunung Tambora dan sekitarnya.

Banner Sosialisasi Event Teka Tambora
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Dahlan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 5 hari dari Sabtu 6 April sampai dengan Rabu 10 April 2019.

Menurutnya Teka Tambora tahun ini dimulai dengan pelepasan peserta secara simbolis oleh Bupati Bima dengan titik pelepasan di Museum Asi Mbojo menuju Desa Kawinda Toi, dan spot yang telah ditentukan. "Rute perjalanan melalui jalur Utara Padang savana makam kuno, Oi Tampuro menuju Kawinda Toi," jelas Dahlan, Selasa, 2 April 2019.

Selanjutnya pada Minggu, 7 April , dilakukan acara pembukaan (opening ceremony) di Desa Kawinda Toi. Sekaligus pemaparan materi konservasi dari Balai Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) dan materi terkait seperti mountainering, strategi pemasaran wisata, dan dilanjutkan dengan pemutaran film pada malam harinya.

Selain itu, lanjut Dahlan, selama dua hari berikutnya yaitu Senin (8/4) dan Selasa (9/4) diperkirakan 100 peserta pendakian akan dilepas melalui Gerbang Oi Marai menuju puncak Gunung Tambora. "SetelahTiba di puncak Gunung Tambora, dilakukan pengibaran dan upacara bendera untuk kemudian kembali ke pos 4," jelasnya.

Seluruh peserta kembali dari Pos 4 ke Gerbang pendakian, Rabu, 10 April 2019, untuk selanjutnya dilakukan penyambutan yang dilanjutkan dengan pentas seni budaya Bima, lomba mewarnai, dan hiburan. “Panitia juga merencanakan untuk mengundang Gubernur NTB yang diharapkan dapat memaparkan materi tentang Zero Waste,” pungkas Dahlan.

Peserta juga akan menikmati 1.000 gelas kopi Tambora, pameran ekonomi kreatif dan doa yang dilanjutkan kegiatan malam keakraban pada malam harinya, kemudian akan kembali ke Bima pada Kamis (11/4).

[akt.03]

Related

Ragam 729789677192143244

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item