Inovasi "SIMAWAR" Kabupaten Bima Melaju ke Pentas Nasional

AKTUALIT.INFO , Bima – Aplikasi pelayanan perlindungan dan pemberdayaan perempuan yang berbasis android atau sebutan kerennya SIMAWAR, berh...

AKTUALIT.INFO, Bima – Aplikasi pelayanan perlindungan dan pemberdayaan perempuan yang berbasis android atau sebutan kerennya SIMAWAR, berhasil meraih peringkat dua Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik NTB (eNTeBeNOVIK) tahun 2018.

Laily Ramdhani, S.STP., Kabid Perberdayaan Perempuan
DP3AP2KB)Kabupaten Bima (tengah).
Aplikasi ini digagas oleh Laily Ramdhani, S.STP., Kabid Perberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima.

Merilis Pengumuman yang disampaikan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi NTB, tim penilai telah menyeleksi administrasi, presentasi proposal, dan wawancara terhadap 18 inovasi yang semula berjumlah 58 inovasi. "Namun 40 inovasi diantaranya tidak bisa mengikuti kompetisi karena belum memenuhi persyaratan penulisan proposal yang telah ditentukan," kata Ketua Tim Penilai H. Yusron Hadi, ST., MUM., sebagaimana dirilis Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Senin, 3 Desember 2018.

Mengacu pada hasil penilaian, tim penilai menetapkan 10 besar inovasi NTB. Diantaranya adalah Aplikasi O-Samawa Youth Community Start-Up yang digagas Jhaihan Farah Nabila (Dinas Koperindag Kabupaten Sumbawa dan Universitas Teknologi Sumbawa) pada peringkat I.

Selanjutnya Aplikasi Pelayanan Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan (P4) melalui SIMAWAR oleh inovator Laily Ramdhani S.STP (DP3AP2KB) Kabupaten Bima pada Peringkat II. Sementara, peringkat III diraih inovator Sujarwo S. Pt, MAP (Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Sumbawa) dengan Aplikasi Perizinan Pengeluaran Ternak Keluar Daerah (Si Jinak).

Inovasi lainnya yang menembus 10 besar tingkat Provinsi NTB yaitu E-Monitor Control "Mataroa" berbasis IT oleh inovator Syarifuddin H. Ndae (Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bima) yang berhasil menempati peringkat 7.

Penggagas SIMAWAR, Laily Ramdhani S.STP., mengatakan keberhasilan meraih peringkat II tingkat Provinsi ini mengantar aplikasi SIMAWAR untuk berlaga pada lomba yang sama tingkat nasional. Yaitu SINOVIK yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN & RB pada bulan Maret 2019.

Para inovator yang berhasil meraih 10 besar akan mendapatkan penghargaan langsung dari gubernur NTB yang akan diserahkan pada puncak HUT NTB tanggal 17 Desember 2018.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 9091206368867483117

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item