Mi6 : Zul Rohmi Memiliki Kans Memenangi Pilgub NTB

AKTUALITA.INFO , Mataram – Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Bambang Mei Finarwanto mengatakan, persaingan pemilihan gubernur ...

AKTUALITA.INFO, Mataram – Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Bambang Mei Finarwanto mengatakan, persaingan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) akan berlangsung menarik.

Pasalnya, Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sudah tidak ikut dalam kontestasi lantaran telah dua periode menjabat.

Empat pasangan calon yang muncul membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan. Dari keempat nama paslon, Bambang menilai, pasangan Zulkieflimansyah dan Siti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) memiliki kans atau potensi besar untuk memenangkan persaingan.

Pasangan yang diusung PKS dan Demokrat ini, kata Bambang, menawarkan gagasan dan ide yang segar dalam membangun NTB lima tahun ke depan.

"Awalnya pasangan Zul-Rohmi kerap dipandang sebelah mata karena terbilang 'hijau' dalam kancah perpolitikan di NTB," ungkap Direktur Mi6 yang kerap disapa Didu, Sabtu ( 23/6)

Didu menyebutkan, tiga pasangan lain seperti Ahyar Abduh (Wali Kota Mataram), Suhaili (Bupati Lombok Tengah), dan Ali BD (Bupati Lombok Timur) yang merupakan kepala daerah di kabupaten/kota di NTB.

Sedangkan, Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah, lanjutnya, merupakan pendatang baru. Terlebih, Zul yang lebih akrab berkutat di Jakarta sebagai anggota DPR RI. Sementara, Rohmi sempat menjadi Ketua DPRD Lombok Timur.

"Tergambar juga saat awal-awal, survei pasangan ini selalu menempati posisi terbawah," ujarnya

Namun, didu menambahkan, pasangan Zul-Rohmi terus menggeliat dalam beberapa bulan terakhir jelang pencoblosan dengan masif turun ke lapangan.

Didu menilai, ada beberapa faktor mengapa pasangan ini bisa keluar sebagai pemenang. Antara lain, keputusan TGB yang turun ke lapangan menyatakan dukungannya kepada Zul-Rohmi, kecakapan keduanya saat debat pilkada, dan juga Rohmi sebagai satu-satunya keterwakilan perempuan dalam kontestasi pilgub NTB.

"Suara TGB diyakini sangat penting dalam mendongkrak pasangan ini. Rohmi sebagai satu-satunya perempuan juga sangat menentukan suara pemilih perempuan," imbuhnya

Zul Rohmi Unggul versi 3 Lembaga Survey

Sementara itu Zul-Rohmi menempati posisi tertinggi versi tiga lembaga survei dibanding pasangan calon lainnya dengan raihan 28 % dalam hasil survei Olat Maras Institute (OMI) yang dilakukan sejak 3 Juni sampai 12 Juni 2018. Posisi Zul-Rohmi disusul pasangan lain, Suhaili Fadhil Thohir-Muhammad Amin dengan 21,6 %, Ahyar Abduh-Mori Hanafi dengan 17,7 %, dan Ali Bin Dahlan-Lalu Gede Sakti memperoleh 12,6 %, serta yang tidak menjawab sebesar 20,1

Sedangkan survey yang diadakan oleh PolTrust Zul Rohmi unggul dibanding tiga Paslon lain yakni 30,22 % disusul Suhaeli Moh Amin 17,73 % , Ahyar Mori 17,27 terakhir Ali Sakti 15,23 % dan yang belum memutuskan 19,54 %.

Terakhir bocoran dari Lembaga survey Kedai Kopi, lagi lagi Zul Rohmi menempati rangking pertama dengan skors 18,8 % disusul Suhaeli Amin 15,6% , Ahyar Mori 14,2 % dan Ali Sakti 8,3 % .Dan yang belum memutuskan 43,1%.

[akt-01]

Related

Sudut Pandang 3232047487811144511

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item