Sekarang Lapor SPT Tahunan Tidak Perlu Antre, Begini Caranya

AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Era yang semakin modern, cepat dan sibuk membuat inovasi di bidang teknologi berbasis aplikasi dan interne...


AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Era yang semakin modern, cepat dan sibuk membuat inovasi di bidang teknologi berbasis aplikasi dan internet, menjadi terobosan solutif masa kini. Setiap orang dituntut mampu memaksimalkan waktunya dengan efektif dan efisien sehingga membutuhkan alternatif untuk kemudahan berbagai keperluan, tanpa perlu membuang waktu lebih banyak untuk mobilisasi.

Direktorat Jenderal Pajak sebagai salah satu institusi penting di bawah naungan Kementerian Keuangan, menjawab tantangan global dengan meluncurkan terobosan pelaporan SPT Tahunan melalui internet dengan eFiling dan eForm.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Raba Bima melalui Pelaksana Seksi Pelayanan, Lisa Amalia Artistry Ramadhani, menjelaskan aplikasi pelaporan berbasis website ini menjawab berbagai permasalahan dan keluhan masyarakat yang lelah akan antrian yang terlampau lama di setiap Kantor Pelayanan Pajak (KPP) saat masa pelaporan SPT Tahunan.

Website eFiling dan eForm, katanya, dapat diakses melalui situs https://djponline.pajak.go.id/ dengan handphone dan PC di mana pun dan kapan pun. Sebelum melaporkan SPT Tahunan melalui eFiling atau eForm, diperlukan aktivasi EFIN (Elektronic Filing Identity Number) di KPP terdekat dengan mengajukan permohonan aktivasi dan menyiapkan alamat email yang aktif.

“Aktivasi ini hanya perlu dilakukan satu kali saja dengan mengisi formulir aktivasi dan melampirkan fotocopy KTP dan NPWP,” kata Lisa di KPP Pratama Raba Bima, Senin, 5 Maret 2018.

Setelah mendapatkan nomor EFIN, Lisa melanjutkan, registrasi pada situs djponline dapat dilakukan dengan mendaftarkan data diri berupa nomor NPWP, nomor EFIN, alamat email yang aktif, dan pembuatan password delapan (8) digit.

Konfirmasi melalui email akan diterima setelah registrasi selesai dilakukan. “Dengan demikian, yang perlu diingat hanya password yang telah dibuat dan alamat email saja. Tidak perlu lagi berulang kali kembali ke KPP untuk meminta nomor EFIN,” jelasnya.

“Tanpa mengantre lagi dan tanpa perlu jauh-jauh kembali ke KPP pada setiap masa pelaporan SPT Tahunan. Selanjutnya log in dengan menggunakan NPWP dan password yang telah dibuat beserta kode keamanan yang tertera pada laman,” tambahnya.

Lisa mengatakan, Djponline menyediakan aplikasi eFiling dan eForm untuk kenyamanan Wajib Pajak. Bagi Wajib Pajak yang sudah terbiasa melaporan SPT Tahunan dengan berbentuk formulir cetak, dapat menggunakan eForm untuk memudahkan pengisian. “Karena tampilannya persis seperti formulir SPT Tahunan cetak namun dalam bentuk digital,” katanya.

Lisa menambahkan, bagi Wajib Pajak yang membutuhkan panduan dalam pengisiannya dapat menggunakan aplikasi eFiling dengan panduan. Wajib Pajak yang masih bingung dan membutuhkan bantuan terkait tata cara pengisian SPT Tahunan melalui situs https://djponline.pajak.go.id/, dapat datang ke KPP Pratama Raba Bima.

“Kami siap membantu untuk membimbing melaporkan SPT Tahunan Anda. Sehingga tahun depan, Anda dapat melaporkan SPT Tahunan di mana saja, kapan saja, tanpa antre, tanpa biaya, hemat waktu dan hemat tenaga. Laporkan SPT Tahunan Anda segera karena Lebih Awal, Lebih Nyaman,” pungkasnya.

[aktualita.01/*]

Related

Ragam 5748277449565892127

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item