KPU Kota Bima Rekrut 15 Relawan Demokrasi

Ilustrasi AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima merekrut calon relawan demokrasi (Relasi) Pemilihan Wali...

Ilustrasi

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima merekrut calon relawan demokrasi (Relasi) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali (Pilwali) Kota Bima Tahun 2018. Calon relawan yang direkrut sebanyak 15 orang. Saat ini, KPU setempat sedang menyeleksi adminisratsi berkas para pelamar.

Komisioner KPU Kota Bima, Agusalim, menjelaskan program Relasi demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang akan ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya.

“Relasi menjadi mitra KPU Kota Bima dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kota. Bentuk peran serta mereka diharapkan mampu mendorong kesadaran tinggi dan tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam Pemilu secara optimal,” jelas Agusalim di Sekretariat KPU Kota Bima, Jumat, 23 Februari 2018.

Program Relasi yang digagas KPU Kota Bima melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 5 (lima) segmen pemilih strategis. Yaitu pemilih pemula, kelompok agama, kelompok permpuan, penyandang disabilitas, dan atau kelompok pinggiran.

“Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk pada setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya. Segmentasi itu dilakukan dengan kesadaran bahwa tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh KPU Kota Bima,” tutur Agusalim.

Program Relasi, lanjut dia, diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya Pemilu. Sehingga pada akhirnya Relasi ini dapat menggerakan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya. “Sehingga partisipasi pemilih dan kualitas pemilihan dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,” katanya.

Agusalim menambahkan, jumlah Relasi KPU Kota Bima yang dibutuhkan sebanyak 15 orang. Bersikap independen, imparsial, dan non partisan terhadap peserta pemilu. Tugas mereka akan dibiayai melalui APBD-Anggaran Pilwali Kota Bima Tahun 2018. “Saat ini kita sedang lakukan proses seleksi administrasi. Tanggal 27 Februari 2018, calon relawan sudah harus dilantik oleh KPU Kota Bima,” pungkasnya.

[aktualita.01]

Related

Politik 9119818471558051415

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item