Percepat Pembangunan Daerah, Pemkab Bima Gelar Rapat Forum SKPD

Sekda Kabupaten Bima membuka Rapat Forum SKPD dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur.  AKTUALITA.INFO , Bima – D...

Sekda Kabupaten Bima membuka Rapat Forum SKPD dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur. 

AKTUALITA.INFO, Bima – Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi dan pariwisata serta peningkatann stabilitas wilayah menuju Bima RAMAH, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggelar rapat forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Rabu, 8 Maret 2017. Rapat di gedung TP PKK Kabupaten Bima, dibuka oleh Sekda, Drs. HM.Taufik, HAK, M.Si.

Rapat dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bima dari Fraksi PPP Kabupaten Bima, Ramli Akhmad, S.Sos, Assisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima, para Kabag Lingkup Setda Kabupaten Bima, Kepala Bappeda Kabupaten Bima dan jajaranya, para kepala SKPD, dan seluruh camat.

Sekda Kabupaten Bima, Drs. HM.Taufik, HAK, M.Si, mengatakan, rapat forum SKPD merupakan wahana yang baik bagi terjalinnya interaksi para camat sebagai representasi unsur masyarakat (bottom up planning) dengan seluruh kepala SKPD terkait sebagai representasi teknokratik (top down planning), dalam menentukan arah dan sasaran rencana program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Menurutnya, secara teknis forum untuk memadukan rencana kerja SKPD tingkat Kabupaten dengan rencana pembangunan tahunan kecamatan hasil Musrenbang kecamatan. “Sehingga diharapkan akan saling melengkapi dengan hasil reses DPRD serta aspirasi masyarakat yang disampaikan secara langsung kepada Bupati atau Wakil Bupati, dalam berbagai kunjungan kerja yang kami laksanakan,” katanya.

Taufik menjelaskan, Kabupaten Bima secara bertahap telah dapat mengantarkan masyarakatnya pada posisi kesejahteraan yang semakin membaik. Kondisi ini dapat dilihat dari indeks pembangunan manusia (IPM) yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dimana 60,62 persen tahun 2011 menjadi 63,48 persen pada tahun 2015.

“Ukuran ini menggambarkan bahwa pembangunan daerah kita telah berada pada rel yang benar, dan hasil pembangunan itu sendiri secara bertahap telah dapat dinikmati oleh masyarakat,” terang dia.

Taufik mencontohkan, pada bidang pendidikan sebagai bidang yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat, Pemkab telah berhasil meningkatkan angka melek huruf dari 86,23 persen pada tahun 2011 menjadi 99,87 persen pada tahun 2015.

Pada bidang kesehatan, Pemkab Bima telah berhasil menaikan angka harapan hidup dari 64,32 persen pada tahun 2012 menjadi 64,86 persenpada tahun 2015.

Hal itu, jelas Taufik, berjalan paralel dengan intervensi program kesehatan yang berdimensi non-fisik seperti pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, promosi kesehatan, serta pola prilaku hidup sehat di tengah masyarakat. “Hal ini terkait dengan meningkatnya cakupan pelayanan air bersih dan santisasi yang terus kita galakan dalam berbagai sistem pembiayaan yang ada,” tuturnya.

Begitupula di bidang infrastruktur, lanjut dia, sudah terlihat komitmen nyata pemerintah untuk melaksanakan pemerintahan dengan upaya memindahkan ibukota kabupaten dari wilayah Kota Bima ke wilayah Kecamatan Woha. “Saat ini kita tengah menyelesaikan pembangunan/finishing Kantor Bupati Bima dan 8 (delapan) unit kantor SKPD Lainnya," paparnya.

Guna peningkatan sektor produktif yang langsung berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan rakyat, pemreintah daerah telah melakukan sejumlah upaya untuk bantuan pada bidang pertanian, perikanan dan kelautan. Selain itu, perbaikan pasar rakyat dan pengembangan bidang pariwisata dan budaya.

Taufik berharap, melalui forum tersebut akan melahirkan berbagai gagasan segar dan inovasi cemerlang dari para kepala SKPD dan para camat. Diharapkan juga dapat melahirkan evaluasi kinerja secara jujur dengan menyusun program yang lebih nyata dan akuntabel menuju terwujudnya visi Bima ramah. “Tentunya dengan memperhatikan perubahan global maupun dinamika masyarakat yang terus berkembang,” pungkasnya.

[AL]

Related

Pemerintahan 7204744632774020729

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item