Empat Bulan Berjalan, Program Literasi Dompu Sukses

Siswa dan siswi SD di Dompu yang mengikuti program literasi. [yani] AKTUALITA.INFO , Dompu - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Di...

Siswa dan siswi SD di Dompu yang mengikuti program literasi. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, empat bulan terakhir sudah melaksanakan program literasi. Literasi merupakan program membiasakan membaca bagi para siswa disemua tingkatan satuan pendidikan.

Kepala Dinas Dikpora H. Ikhtiar, SH, menjelaskan, program literasi ini bagaimana membumikan budaya membaca. "Saya maunya semua sekolah membumikan membaca. Jadi di dalam ruang kelas ditata supaya ada pojok-pojok baca," katanya usai sosialisasi dana BOS, Rabu, 8 Februari 2017.

Lanjutnya, 15 menit sebelum belajar dimulai, diisi dengan membaca atau bisa diisi dengan pendidikan karakter. Yakni bagaimana karakter kebangsaan dan lagu-lagu kebangsaan diajari dan ditanamkan.

Ikhtiar mengaku, program literasi yang sudah berjalan selama empat bulan berjalan sukses, karena ada tim yang memantau. Kalaupun ada sekolah-sekolah yang belum berjalan, mungkin lokasinya di lereng-lereng gunung. “Namun di luar kota misalnya di Kecamatan Pekat berjalan sukses, di sana program literasi berjalan dengan baik,” akunya.

Kata dia, pihaknya tidak bisa melihat secara totalitas dari semua sekolah karena jumlah sekolah yang banyak. Namun, bisa dilihat dari sampel dimana menunjukan kegiatan literasi tetap berjalan. “Untuk kelangsungan program literasi, buku yang ada representatif seperti buku-buku yang membuat anak-anak senang. Semua buku dipersiapkan,” jelas Ikhtiar.

Ia menyebutkan untuk tahun 2017 ada pengadaan buku sekitar Rp3 miliar. "Anggaran itu sangat besar karena empat puluh persen dari total dana alokasi khusus (DAK) Rp7 miliar," katnya. “Literasi ini bagus, dari membaca kita dapatkan ilmu," Ikhtiar menambahkan.

Bentuk keberhasilan program literasi terlihat Kepala SD Negeri 1 Dompu Jaharuddin HAR, S.Pd., memberikan penghargaan dan PIN "Aku Anak Literasi" kepada 5 siswa kelas 6A yang telah membaca dan mereview buku selama 4 bulan belakangan.

Kelima siswa dimaksud yakni Effi Mujahidah sebanyak 41 judul, Dinda Ulang Utari sebanyak 39 judul, Nethaliana Chandra sebanyak 38 judul, Putri Aulia sebanyak 38 judul, Meitha Virginia sebanyak 37 judul, dan Febrioni Cahaya sebanyak 36 judul.

Kegiatan literasi dilakukan setiap hari 15 menit sebelum memulai pelajaran dan disela-sela istirahat siswa.

[yani/*]

Related

Pendidikan 6769833971831223177

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item