Dukung Aksi 112, Walikota: Saat Ulama Kami Terluka, Kami Juga Ikut Terluka

Jalan Sehat Bela Ulama di Bima, Sabtu, 11 Februari 2017. [mrs] AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, turu...

Jalan Sehat Bela Ulama di Bima, Sabtu, 11 Februari 2017. [mrs]

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, turut dalam aksi Jalan Sehat Bela Ulama yang digelar Forum Umat Islam (FUI) Bima, Sabtu, 11 Februari 2017. Aksi 112 yang berlangsung damai diikuti berbagai Ormas Islam, diawali di Lapangan Merdeka Kota Bima hingga eks kantor Bima Bima.


Aksi juga diikuti Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bima, H. Abdurrahim Haris, MA, Ketua MUI Kota Bima HM. Saleh Ismail, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat diantaranya H. Abubakar Haris, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bima Ir. Hamdan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin dan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bima, M. Amin, S.Sos

Walikota menyampaikan dukungan atas pelaksanaan aksi. Disampaikannya, lebih dari 95% penduduk Kota Bima adalah kaum muslim. Berbagai dinamika dan isu keagamaan di negara ini selalu mendapat perhatian besar dari masyarakat Bima.

Menurutnya, dalam Aksi Bela Islam bulan November dan Desember 2016 lalu, umat Islam di Bima juga melaksanakan kegiatan bela Islam dalam bentuk pawai di dalam wilayah kota dengan tetap menjaga ketertiban.

“Saat umat Islam di wilayah lain terluka, umat Islam di Kota Bima juga tentunya merasa terluka. Saat ulama kami diganggu, tentunya kami juga merasa terganggu. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita berbahagia karena pada hari ini kita berkesempatan untuk bersilaturahim dalam aksi damai untuk membela ulama-ulama yang kita cintai,” kata Walikota.

Walikota menekankan, aksi yang dilaksanakan hari ini merupakan aksi damai dan mengedepankan prinsip menjaga keamanan dan ketertiban.

Menurut Ketua FUI Bima Ustad Asikin Mansur, tujuan aksi adalah menggugah masyarakat Bima yang mayoritas muslim untuk membela agama. Namun tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komandan aksi dari unsur Brigade Masjid Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Burhanuddin AM, SP, menjelaskan, aksi diikuti oleh kurang lebih 300 umat muslim dari wilayah Kota dan Kabupaten Bima.

“Aksi ini digagas oleh FUI Bima dan didukung penuh oleh MUI Kota dan Kabupaten Bima. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Bima Kota dan Kabupaten untuk aspek ketertiban dan keamanan. Sementara izin penggunaan tempat finish dan start telah dikomunikasikan oleh pimpinan MUI Kota dan Kabupaten kepada Pemerintah Daerah masing-masing,” jelas Burhanuddin.

Aksi diakhiri dengan pembacaan deklarasi umat muslim Bima oleh Ketua MUI Kota Bima untuk membela dan menghormati agama dalam kerangka keutuhan NKRI. Deklarasi ditandatangani bersama oleh seluruh peserta aksi termasuk Walikota.

[mrs]

Related

Sosbud 6626466713667742633

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item