Minat Baca Rendah, Komunitas Pramuka Peduli Kampanye Budaya Membaca

Komunitas Pramuka Peduli kampanyekan budaya membaca bagi kalangan pelajar di Hari Buku Nasional. foto AKTUALITA.INFO , BIMA – Membaca a...

Komunitas Pramuka Peduli kampanyekan budaya membaca bagi kalangan pelajar di Hari Buku Nasional. foto
AKTUALITA.INFO, BIMA – Membaca adalah jendela untuk melihat dunia yang lebih luas. Buku, majalah dan sejenisnya dapat mengantarkan kita seolah-olah telah pergi ke berbagai tempat atau merasakan pengalaman yang telah dialami orang lain. Jadi, marilah mulai membaca.

Demikian dikatakan Arief Rachman, Koordinator Komunitas Pramuka Peduli, di hadapan para pelajar anggota Pramuka, saat memperingati Hari Buku Nasional, Selasa 17 Mei 2016, di Lapangan Semangka Kecamatan Sape, Kabupaten Bima.

Dikatakannya, Hari Buku Nasional selalu menarik dibahas terutama tentang budaya membaca. Apalagi, perkembangan era digital perlahan menggeser posisi buku sebagai sumber informasi. "Semua informasi saat ini sudah dapat di akses secara online, begitu juga dalam hal membaca. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih mencari informasi melalui dunia digital jika dibandingkan dengan buku konvensional," terang Arief, Selasa (17/05).

Namun demikian, lanjut PNS Dishubkominfo Kabupaten Bima ini, apapun sumber informasi yang dibaca baik secara online e-book ataupun konvensional, sejatinya peringatan Hari Buku Nasional bukanlah soal sumber yang dijadikan bacaan. Melainkan menumbuh-kembangkan minat baca pelajar di sekolah.

Menurut Arif, minat membaca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hasil survai UNESCO pada tahun 2011 menunjukan tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0.0001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1000 masyarakat Indoensia yang masih mau membaca buku secara serius. "Mari kita membaca. Buka jendela dunia lewat buku, karena kita dapat pengalaman berharga dengan membaca," ajak Arief.

[dien]

Related

Pendidikan 679613317291223470

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item