Kejati Cek Proyek Groin Lakey

Ilustrasi AKTUALITA.INFO , MATARAM – Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB mulai bergerak mengusut dugaan korupsi pembangunan Groin di Pantai L...

Ilustrasi
AKTUALITA.INFO, MATARAM – Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB mulai bergerak mengusut dugaan korupsi pembangunan Groin di Pantai Lakey, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu. Tim Kejati sudah turun ke lokasi untuk mengecek proyek yang menelan anggaran Rp5 miliar tersebut.

Tim kejaksaan turun pekan lalu. Mereka memeriksa kondisi terkini proyek Groin yang dilaporkan bermasalah. Dalam pengecekan ini jaksa belum melibatkan tim ahli. Jaksa membawa pula pejabat pembuat komitmen (PPK), Isnari.                               

Juru bicara Kejati NTB I Made Sutapa mengaku, pihaknya turun untuk melihat kondisi proyek. Artinya, pengecekan ini tidak melibatkan ahli. ”Iya ada tim yang turun. Tapi hanya cek lokasi saja,” katanya, Rabu (4/5).                                                                                   

Menurut Sutapa, pengecekan lokasi ini untuk memastikan adanya dugaan penyimpangan seperti yang ada di laporan. Ia menjelaskan, pihaknya belum melibatkan tim ahli karena kasus ini sifatnya masih proses pengumpulan data dan keterangan. ”Kalau sudah naik ke penyelidikan, baru kami gandeng ahli,” akunya.                                                         

Sutapa belum bisa menyampaikan hasil pemeriksaan proyek itu. Ia beralasan materi tersebut sangat teknis. Selain itu dikhawatirkan akan mengganggu proses penanganan perkara. ”Belum bisa kami simpulkan. Biarkan tim bekerja dulu,” ungkapnya.                                                   

Diketahui, pembangunan groin di Pantai Lakey Dompu ini dilaporkan, belum lama ini. Proyek tersebut diduga bermasalah. Pembangunan groin ini dikerjakan pada tahun 2015 lalu. Anggaran yang digelontorkan sekitar Rp4,5 miliar. Sementara, pemenang tender proyek yang berlokasi di Pantai Lakey ini PT KJU.                   

Groin adalah bangunan yang menjorok ke arah laut yang digunakan untuk menangkap/menahan gerak sedimen sepanjang pantai, sehingga transport sedimen sepanjang pantai berkurang/berhenti. Biasanya groin dibuat secara berseri, yaitu beberapa groin dibuat dengan jarak antara groin tertentu di sepanjang pantai yang dilindungi.                 

[act-J]              

Related

Hukrim 2482755283827087057

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item