IKAHI Dompu Gelar Ceramah Konstitusi

Suasana ceramah konstitusi di Paruga Samakai Dompu. Foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU – Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Dompu, Nus...

IKAHI Dompu Gelar Ceramah Konstitusi
Suasana ceramah konstitusi di Paruga Samakai Dompu. Foto: yani
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Dompu, Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan ceramah konstitusi di Gedung Paruga Samakai Dompu, Kamis pagi (10/3). Tajuk dalam kegiatan tersebut yaitu Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Menjaga Marwah Negara Hukum, dengan sub tema Titik Singgung Putusan Mahkamah Konstitusi Dengan Putusan Pengadilan Umum dan Pengadilan Agama.

Pada kegiatan tersebut, panitia pelaksana menghadirkan penceramah yaitu Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Dr. H. Anwar Usman, SH., MH., dengan keynote speaker Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Mataram, Nusa Tenggara Barat, Dr. Andriani Nurdin, SH., MH.

Ketua PT Mataram, Dr. Andriani Nurdin, SH., MH., dalam pemaparannya menyatakan bahwa setelah dicetuskannya reformasi, telah terjadi perubahan sistem dan lembaga hukum di Indonesia. Di mana perubahan tersebut dalam rangka melahirkan hukum dan lembaga hukum yang berwibawa, menjunjung demokrasi, dan berkeadilan.

Sementara Wakil Ketua MK, Dr. Anwar Usman, SH., MH., dalam makalahnya menekankan bahwa prinsip negara hukum yaitu tegaknya keadilan bagi masyarakat. Dimana dalam prakteknya hukum tidak boleh tajam ke bawah dan tumpul keatas, namun sebaliknya berkeadilan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kebenaran.

Selain itu, Anwar juga mengutip beberapa ayat dalam Alquran dan hadits serta mengambil contoh sejarah Nabi Muhammad dalam menerapkan hukum yang berkeadilan dan sesuai dengan prinsip kebenaran. Kemudian mengutip pasal tentang tugas dan kewenangan MK dalam memperkuat makalahnya.

Seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), pimpinan Satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya hadir dalam kegiatan perdana konstitusi di Kabupaten Dompu tersebut. Kegiatan diprakarsai oleh Ketua Pengadilan Negeri Dompu Djuyamto, SH., yang juga ketua panitia.

[yani]

Related

Ragam 2020480811087909768

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item