Musim Pancaroba Tiba, Masyarakat Dihimbau Waspada

Ilustrasi AKTUALITA.INFO, DOMPU - Memasuki pergantian musim, dari musim panas ke musim hujan, rawan terjadi wabah penyakit seperti dia...


Ilustrasi

AKTUALITA.INFO, DOMPU - Memasuki pergantian musim, dari musim panas ke musim hujan, rawan terjadi wabah penyakit seperti diare, malaria, dan keracunan yang disebabkan oleh makanan seperti bakso, kerupuk, minuman dingin dan pola hidup yang kurang sehat. Wabah tersebut kerap menghantui masyarakat disetiap pergantian musim. Oleh karenanya, masyarakat harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan harus membiasakan pola hidup sehat.

Menyikapi munculnya wabah penyakit tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan SKM, mengatakan pihaknya sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menekan dan sekaligus untuk tindakan pengobatan. “Kami punya SOP untuk menekan wabah itu dan pengobatannya. SOP tersebut dijalankan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) yang beranggotakan seluruh jajaran Dikes sampai level kebawah, dimana salah satu tugas membuat laporan mingguan terkait jenis penyakit yang menimbulkan wabah” jelas Gatot belum lama ini.

Dari jenis penyakit yang dilaporkan, Dinas Kesehatan selaku koordinator TGC selanjutnya melakukan pengamatan. Kemudian mengambil langkah penanggulangan di lapangan untuk pengobatan secara intensif.

Untuk tahun ini, belum bisa diketahui secara pasti datangnya musim pancaroba karena intensitas hujan yang belum signifikan. Namun masyarakat harus tetap waspada karena penyakit tidak mengenal ruang dan waktu untuk menyerang manusia.

“Agar masyarakat terhindar dari wabah penyakit, mereka harus membiasakan berperilaku hidup sehat baik dilingkungan keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat. Dan segera melapor ketika ada gejalan keracunan, wabah penyakit malaria, diare dan lain-lain agar cepat ditanggulangi,” pesan Gatot.

[yani]

Related

Sosbud 6902884588854975765

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item