Pengadilan Dompu Luncurkan Inovasi Pelayanan Publik

Wakil Ketua PN Dompu, Djuyamto, SH AKTUALITA.INFO, DOMPU - Pengadilan Negeri (PN) Dompu secara resmi sudah meluncurkan inovasi pelayan...

Wakil Ketua PN Dompu, Djuyamto, SH

AKTUALITA.INFO, DOMPU - Pengadilan Negeri (PN) Dompu secara resmi sudah meluncurkan inovasi pelayanan publik. Saat ini sudah beroperasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat semua wilayah kecamatan se-Kabupaten Dompu. Inovasi yang cepat dan murah tersebut bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Dompu, melalui jaringan televisi.

Saat dihubungi di ruang kerjanya belum lama ini, Wakil Ketua PN Dompu Djuyamto, SH., mengatakan inovasi pelayanan publik yang mudah dan murah untuk masyarakat dari PN Dompu, sudah diluncurkan dengan menggunakan jaringan televisi yang dimiliki oleh BRI Cabang Dompu. Inovasi tersebut semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap semua informasi dan pengaduan di PN Dompu. "Nomor satu untuk melayani masyarakat," kata Djuyamto.

Kalaupun ada nilai lebihnya di luar itu, lanjut dia, misalnya mendapat reward dan punisment dari Mahkamah Agung (MA), mengingat saat ini inovasi tersebut akan dilombakan dalam 'Lomba Inovasi Pelayanan Publik' oleh Mahkamah Agung RI, maka itu bukan tujuan.

Dalam inovasi pelayanan publik, saat ini PN Dompu baru menampilkan informasi tentang cara dan mekanisme mengajukan gugatan, pengaduan, informasi biaya perkara, dan informasi pos bantuan hukum untuk masyarakat tidak mampu. Dari beberapa informasi yang sudah berhasil ditampilkan tersebut, sudah terakses oleh masyarakat luas di semua kecamatan. "Ke depannya akan dievaluasi dan dikembangkan lagi agar sempurna," ujar Djuyamto.

Pengembangannya lanjut dia, misalnya pendaftaran online dan pembayaran online perkara di PN Dompu, atau lainnya segala kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan Pengadilan. Dengan demikian, maka masyarakat sudah tidak susah payah untuk mendapatkan pelayanan, tidak perlu lagi datang ke Pengadilan karena sudah ada yang murah, mudah, dan cepat.

Inovasi untuk masyarakat tersebut, sudah dua pekan diluncurkan dan bisa dilihat di televisi masing-masing Kantor Unit BRI atau Kantor Cabang. Akan terpampang jelas informasi dari PN Dompu untuk masyarakat. "Alhamdulillah, tidak ada hambatan signifikan dalam inovasi dan peluncuran pelayanan publik ini," jelas Djuyamto. "Karena BRI selama ini menjadi mitra kami, semuanya berjalan dengan lancar," jelasnya lagi.

Hada Haryadin, warga Kelurahan Potu yang dimintai tanggapan perihal inovasi PN Dompu mengapresiasi inovasi tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya inovasi sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat karena cepat, mudah, dan murah. "Mengingat selama ini kita harus datang dulu ke Pengadilan baru bisa mendapatkan informasi pengaduan dan perkara, sekarang Alhamdulillah tidak repot-repot lagi," katanya.

[yani].











Related

Headline 8433222660873753620

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item