Peduli Lingkungan, JAS Dompu Bersihkan Got yang Tersumbat

JAS Wilayah Dompu saat membersihkan saluran (drainase) di desa O'o AKTUALITA.INFO, DOMPU – Jama'ah Ansharusy Syari'ah(JAS)...


JAS Wilayah Dompu saat membersihkan saluran (drainase) di desa O'o
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Jama'ah Ansharusy Syari'ah(JAS) Mudriyah Wilayah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, mengadakan kegiatan sosial dengan membersihkan drainase sepanjang jalan negara di Desa O'o Kecamatan Dompu, Minggu pagi, 27 September 2015. Bakti sosial tersebut sebagai manifestasi nilai-nilai dalam Islam, akan kecintaan terhadap lingkungan yang dinilai masih kurang dilaksanakan umat saat ini.

Amir JAS Wilayah Kabupaten Dompu, Ustad Taqiuddin, S.Pd.I, mengatakan lingkungan memiliki hak terhadap manusia untuk dijaga. Atau sebaliknya manusia memiliki kewajiban menjaga lingkungan sebagaimana tersirat dalam AlQuran. “Melalui momentum bakti sosial inilah, JAS Dompu ingin membangun semangat dan kepedulian masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,” katanya.

Khusus di Desa O'o, bila musim hujan tiba sudah menjadi tontonan gratis sebagian perumahan warga digenangi air. Air tersebut berasal dari luapan drainase, karena kondisnya sudah semakin dangkal yang disebabkan oleh menebalnya sedimen pasir dan tumpukan sampah. "Kalau hujan turun, kasihan perumahan warga digenangi oleh air got, oleh karenanya kita bersihkan sekarang," ujar ustad Taqiuddin.

Selain itu, lanjutnya, kotoran dalam got atau drainase tersebut sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan warga, karena mengeluarkan bau tak sedap dan menyengat. Tentu hal itu tidak diinginkan, oleh sebab itu JAS bersama puluhan masyarakat berinisiatif untuk membersihkannya. “Di samping tujuan bakti sosial yakni bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan ini juga menumbuhkan sikap ukhuwah dan kegotong-royongan dalam masyarakat, sehingga diantara masyarakat atau umat, sudah tidak ada lagi sekat karena status sosial dan jabatan,” jelas Ustad Taqiuddin.

Dia menambahkan, ke depan JAS bersama masyarakat akan mengambil bagian lain dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Mengingat keberlangsungan lingkungan tergantung kepedulian masyarkat.

Pantauan Aktualita.info, JAS dan masyarakat Desa O’o bahu membahu membersihkan drainase sepanjang 300 meter di desa setempat. Awalnya kedalaman drainase sekitar satu meter, namun karena ada sedimentasi dan tumpukan sampah, tersisa hanya sejengkal dari bibir drainase. Setelah dibersihkan, kedalamannya sudah lebih setengah meter.

[yani]

Related

Sosbud 6181233583161788734

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item