Hari Kedua Pendaftaran, KPU Dompu Terima Tiga Pasangan Bakal Calon

Komisioner KPU Dompu saat menerima salahsatu pasangan bakal calon (Syafir Lambarasa). Foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU - Komisi Pemiliha...

Komisioner KPU Dompu saat menerima salahsatu pasangan bakal calon (Syafir Lambarasa). Foto: yani
AKTUALITA.INFO, DOMPU - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dompu pada hari kedua pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu periode 2015-2020 tanggal 27 Juli 2015, menerima secara resmi pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Pendaftaran dilakukan di Aula kantor KPUD Dompu Jalan Bhayangkara Nomor 2, Bada Dompu.

Pantauan AKTUALITA.INFO di kantor KPUD, pasangan yang pertama kali mendaftar yakni pasangan H. Mulyadin, SH.,MH dengan Kurniawan Ahmadi. Pasangan dengan moto "Mulya" hadir di KPUD sekitar pukul 09.50 Wita, didampingi oleh Ketua dan Sekretaris tiga parpol pendukung yaitu PKS, PDIP dan Demokrat, dengan total jumlah kursi DPRD sebanyak 8 dari batas minimal 6 kursi DPRD sesuai dengan aturan. Atau 20 persen dari total jumlah kursi DPRD, dimana jumlah total kursi DPRD Kabupaten Dompu sejumlah 30 kursi.

Sebagaimana diketahui, jumlah perolehan kursi PKS di DPRD Dompu sebanyak 3 kursi, PDIP 3 kursi, dan Demokrat 2 kursi. Selain pimpinan parpol, pendaftaran paket Mulya disaksikan juga oleh kader dan simpatisan partai pendukung serta masyarakat yang turut memeriahkan proses pendaftaran. Tidak ketinggalan, istri dari paket Mulya juga ikut menemani.

Kemudian sekitar pukul 11.30 Wita, pasangan yang dimotori oleh Partai Gerindra, Nasdem, Hanura, dan PKPI yakni Drs. H. Bambang M. Yasin dengan Arifuddin, SH., resmi mendaftar dengan didampingi oleh Ketua dan Sekretaris parpol pendukung, kader partai dan massa pendukung pasangan calon. Terlihat juga pasangan calon didampingi oleh sang istri.

Diketahui, pasangan dengan semboyan "Lanjutkan" tersebut menggondol tujuh kursi DPRD sebagai modal untuk mendaftar, masing-masing Gerindra 3 kursi, Nasdem 3 kursi dan Hanura 1 kursi. Sementara PKPI tidak memiliki keterwakilan di DPRD Dompu.

Selepas Shalat Dzuhur atau sekitar pukul 14.00 Wita, kandidat yang mendaftar pada sesi ketiga yakni pasangan Syafruddin Yasin, S.Ap dengan Rafiuddin H. Anas. Pasangan yang berhasil mengantongi tujuh kursi DPRD yakni PAN dengan jumlah kursi sebanyak 4 kursi dan PKB 3 kursi tersebut juga diantar oleh massa pendukung. Selain diikuti oleh massa loyalis, kandidat yang booming dengan jargon "Lamba Rasa" itu ditemani oleh seluruh kader dan simpatisan parpol pendukung dan pejabat teras parpol pengusung yaitu Ketua dan Sekretaris.

Pendaftaran tiga pasangan calon didahului dengan registrasi parpol pendukung dan pasangan calon. Setelah itu memulai proses pendaftaran yang diawali pendaftaran berkas pencalonan oleh parpol pengusung dan berkas calon oleh pasangan calon.

Namun, sebelum mekanisme pendaftaran dilakukan, terlebih dahulu Ketua KPUD Rusdyanto,ST memberikan arahan kepada parpol pengusung dan pasangan calon bagaimana tata cara dan mekanisme pendaftaran. Pada saat akan melakukan proses pendaftaran, mereka diterima oleh lima komisioner KPUD Dompu yaitu Rusdyanto, ST, selaku ketua, Drs. Arifuddin, Herman, S.Pd, Agus Setiawan, SH, dan Rahmawati, SE.

Ketua KPUD Dompu menyatakan, proses pendaftaran pencalonan bakal calon semuanya diterima karena terpenuhi semua berkas persyaratannya dan sah. Sehingga kepada para bakal calon diberikan surat untuk proses berikutnya.

Setelah selesai melakukan pendaftaran, pasangan calon diberikan waktu selama 15 menit untuk melakukan konfrensi pers bertempat di media center KPUD. Dalam konfrensi pers, Mulyadin menyampaikan bahwa dirinya nekat meninggalkan karir sebagai PNS karena ingin mengabdikan membangun Dompu tanpa tendensi apapun.

Dalam membangun Dompu, Mulyadin akan memulainya dengan membangun Desa terlebih dahulu lalu kemudian melakukan penataan perkotaan. "Membangun Desa harus menggunakan pola penempatan sumber daya manusia yang handal di desa" tuturnya.

Disisi lain, langkah konkrit yang akan dilakukan dari misi tersebut ujar Mulyadin dengan mengalokasikan anggaran 10 persen dari total APBD. Terkait dengan merosotnya harga Jagung saat ini, Mulyadin menjanjikan akan menalanginya dengan dana APBD sehingga petani terbantu.

Pasangan HBY-Arif dengan jargon politik Lanjutkan tetap berkomitmen membangun daerah. Salah satunya akan membangun pelabuhan nasional di Kecamatan Kilo, sebagai infrastruktur transportasi laut yang dapat memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat.

Kemudian pasangan Lamba Rasa berkomitmen ingin membangun pertanian secara komprehensif, menggratiskan pendidikan dan kesehatan, membantu kaum buruh, dan membantu semua elemen masyarakat. Pasalnya kata Rafiuddin, membangun daerah harus membangun semua elemen dan semua sektor. Diakhir konfrensi pers, calon Bupati Ori Deo sapaan Syafruddin berkomitmen membangun Dompu yang lebih baik.

Proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu dijaga ketat oleh aparat keamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Brury Soekotjo, S.IK. Aparat terlihat kewalahan harus mengawas dan mengatur massa yang membanjiri jalan depan kantor KPUD, sehingga mengganggu arus lalu lintas. Meski begitu, proses pendaftaran tiga pasangan bakal calon berlangsung lancar dan aman.
[yani]

Related

Politik 4805036753267630328

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item