Benda Mirip Meriam Kuno Ditemukan di Manggelewa

Benda mirip meriam kuno yang ditemukan warga. foto: yani AKTUALITA.INFO, DOMPU – Sebuah benda mirip meriam kuno ditemukan warga di Dusu...

Benda Mirip Meriam Kuno Ditemukan di Manggelewa
Benda mirip meriam kuno yang ditemukan warga. foto: yani

AKTUALITA.INFO, DOMPU – Sebuah benda mirip meriam kuno ditemukan warga di Dusun Meci Angi, Desa Sori Utu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Benda yang diduga peninggalan masa kolonialisme tersebut, ditemukan oleh M. Hasan (45 tahun), petani warga desa setempat, Sabtu 25 Juli 2015, sekitar pukul 12.45 Wita.

Benda berbentuk tabung besi berwarna kuning dengan panjang sekitar 1,25 meter (berdiameter 40 cm) tersebut, ditemukan Hasan di dalam tanah pekarangan rumahnya dengan kedalaman sekitar 2 meter. Diduga sisa peninggalan pada saat Perang Dunia ke-II. “Benda tersebut ditemukan saat Hasan menggali lubang pembuangan toilet,” ujar Kapolres Dompu, AKBP Brury Soekotjo, S.IK, Minggu 26 Juli 2015.

Brury menceritakan, Hasan tidak menyangka akan menemukan sebuah benda keras ketika menggali lubang untuk toilet. Melihat benda itu, katanya, Hasan bergegas ke luar dari lubang penggalian dan menceritakannya pada keluarga dan tetangga terdekat. Tidak lama kemudian, lanjut Brury, ratusan warga mendatangi tempat ditemukannya benda seberat 200 kilogram tersebut. “Dia (Hasan) kaget menemukan benda itu,” katanya.

Tidak lama penemuan benda mirip meriam, aparat dari Kepolisian Sektor Manggelewa yang dipimpin Kapolsek, IPDA Abdul Haris, mendatangi lokasi. Aparat Polsek kemudian melakukan pengamanan di sekitar areal penemuan. “Setelah itu melaporkannya ke saya, dan saya kemudian melakukan koordinasi dengan Subden Gegana A5 Bima,” ungkap Brury.

Sekitar pukul 18.00 Wita, tim Gegana A5 Bima tiba di lokasi penemuan dan melakulan penggalian lubang agar lebih dalam dan lebar untuk memudahkan mengevakuasi. Sekitar pukul 21.45 Wita, tim dibantu warga berhasil mengangkat benda tersebut. “Kemudian dinaikkan ke mobil Dalmas Gegana dan langsung dibawa ke Bima untuk diteliti lebih lanjut,” jelas Brury.

Setelah evakuasi berhasil, kata Kapolres, lubang tempat penemuan benda diduga meriam masih aktif tersebut dan areal sekitarnya dipasang police line. Aparat Polsek Manggelewa yang dipimpin Kapolsek hingga kini masih melakukan pengamanan.

[yani]

Related

Ragam 5734063028004013377

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item