Konsumsi Obat Tramadol Dosis Tinggi, Ini Efeknya

Ilustrasi obat Tramadol.  Aktualita.info, BIMA - Mengonsumsi obat tramadol di luar dari ketentuan dapat menimbulkan efek yang sangat fa...

Mengonsumsi Obat Tramadol Dosis Tinggi, Ini Efeknya
Ilustrasi obat Tramadol.
 Aktualita.info, BIMA - Mengonsumsi obat tramadol di luar dari ketentuan dapat menimbulkan efek yang sangat fatal bagi kelangsungan hidup. Apalagi menyalahgunakan obat golongan G ini untuk hal-hal tertentu, salahsatunya juga berdampak pada sesak napas yang berujung kematian mendadak.

Dalam beberapa pekan terakhir, penyalahgunaan tramadol kerap merasuk anak-anak remaja (baca: Siswa SMPN 4 Bolo Diduga Konsumsi Tramadol) . Meski tidak menimbulkan efek kecanduan, namun mengonsumsi tramadol tanpa resep dokter sangat fatal bila keseringan.

Menurut dr Yulian Averoos, mengonsumsi tramadol ada efek terapi (mengobati) dan efek toksik (meracuni). Sejatinya, cara kerja obat ini hanya untuk anti nyeri saraf bagi orang setelah menjalani operasi, jatuh (kecelakaan) maupun salah urat (keseleo). “Bila digunakan dosis berlebihan, apalagi untuk tujuan tertentu, maka menimbulkan efek samping yang sasarannya menyerang saraf pusat dan pernapasan yang sangat fatal,” kata Yulyan.

Kalaupun dosis yang dibutuhkan tubuh setiap hari, hanya butuh satu tablet atau 50 mg saja. Jika lebih dari itu, maka akan ada efek sampingnya, yaitu dapat berpengaruh pada saraf pusat, daya ingat, fungsi sosial terganggu, dan intelektual menurun. “Lebih fatal lagi adalah menyerang pada saraf pernapasan yang berujung henti nafas (mati),” jelas Yulyan.

Efek lain akibat mengkonsumsi tramadol pada level 500 mg yang dilakukan secara terus menerus, akan terjadi muntah darah karena luka pada lambung. Dengan demikian, dr Yulyan menilai, konsumsi tramadol yang kerap dilakukan anak-anak remaja tersebut merupakan langkah awal bagi korban untuk mencari lagi barang yang lebih berbahaya alias narkotika.

Yulyan tidak menyalahkan anak-anak remaja korban tramadol, justru yang harus dilakukan adalah putuskan mata rantai, pengedar segera diungkap dan ditangkap. Karena sudah jelas bahwa untuk mendapatkan obat tersebut harus dengan resep dokter.

[*bob]

Related

Sudut Pandang 3529242480366628819

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item