Penobatan Jenateke Bima, akan Dihadiri Raja dan Sultan Se Nusantara

Muhammad Putrera Feryyandi saat upacara penobatan mendiang ayahnya, Ferry Zulkarnain, Sultan Bima ke XVI Juli 2013 lalu. AKTUALITA.INFO...

Muhammad Putrera Feryyandi saat upacara penobatan mendiang ayahnya, Ferry Zulkarnain, Sultan Bima ke XVI Juli 2013 lalu.
AKTUALITA.INFO, Bima – Muhammad Putera Feryyandi akan segera dinobatkan sebagai Jenateke (Putra Mahkota) Kesultanan Bima ke XVII. Putra mendiang Ferry Zulkarnain, Sultan Bima ke XVI ini, akan dilantik pada Minggu (18/9) mendatang.

Penobatan itu akan digelar di Asi Mbojo, dihadiri para Raja dan Kesultanan se Nusantara. “Ini merupakan event budaya yang langka dan sakral bagi masyarakat Bima,” terang Ketua panitia Penobatan Jena Teke Kesultanan Bima, Abdul Karim Azis SH, Selasa (23/8).

Menurutnya, agenda tersebut akan dihadiri 3000 undangan. Terkait rencana tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Bima. Demikian juga dengan 20 Raja dan Sultan se Nusantara sudah dikonfirmasi. “Sesepuh Bima di luar daerah juga, sudah kita konfirmasi,” ujarnya.

Sebelum penobatan kata dia, tanggal 16 September calon putra mahkota akan mengunjugi kediaman Ncuhi Dara di Kelurahan Dara Kota Bima. Arak-arakan rombongan akan star dari Pasar Raya Bima menuju istana Bima. Meliputi, rombongan Jenateke dan keluarga, Penghulu Melayu dan Pasukan Jara Sarau. “Barisan Rimpu, warga dan dan antraksi soka juga akan ikut memeriakan rombongan tersebut,” jelas Karim.

Sementara Tarian Sere, Wura Bongi Monca dan Bumi Renda lanjutnya, akan memeriahkan acara penobatan di Asi Mbojo. Setelah penobatan itu, akan ada silaturahmi para Raja dan Sultan se Nusantara di Hotel Mutmainnah. Sekaligus pengukuhan cendekiawan Keraton Nusantara. “Intinya, acara ini akan sangat meriah,” pungkasnya.

[Moen]

Related

Sosbud 237198124214503871

Poskan Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item