KPU Kabupaten Bima Sosialisasi Pemilu yang Damai dan Berintegritas

  Kegiatan sosialisasi menuju Pemilu Damai dan Berintegritas. Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar sosiali...

 

Kegiatan sosialisasi menuju Pemilu Damai dan Berintegritas.

Aktualita, Bima - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar sosialisasi dengan tema Mewujudkan Pemilu 2024 yang Damai dan Berintegritas. Kegiatan yang dihelat di Aula KPU setempat, Kamis, 24 Agustus 2023, menghadirkan narasumber Kapolres Bima AKBP Haryanto, Ketua KPU Kabupaten Bima Imran dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin.

Sosialisasi dihadiri oleh berbagai stakholder diantaranya Dinas Kominfotik Kabupaten Bima, Kabag Prokopim, Dinas Satpol PP dan Bakesbangpol Kabupaten Bima. Kemudian Dikmen, NU, Muhammadiyah, GP Ansor Pemuda Muhammadiyah, HMI, GMNI, PMII, AJI, PWI Kota dan Kabupaten Bima serta media massa.

Sosialisasi ini merupakan rangkaian program sosialisasi tahapan yang sedang dilaksanakan oleh KPJ Kabupaten Bima melalui Divisi SDM, Sosdiklih dan Parmas. "Sosialisasi ini juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan di beberapa waktu ke depan," ujar Ketua Devisi SDM, Sosdiklih dan Parmas KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin.

KPU juga saat ini, kata dia, sudah merancang membuat draf kegiatan untuk kegiatan di tingkat kecamatan dan desa. Kemudian sosialisasi ini juga dibuat konsep Podcast yang mengundang berbagai sumber. "Dengan kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat yang ikut hadir dapat memberi pemahaman yang komprehensif tentang tahapan-tahapan yang dilaksanakan," harapnya.

KPU sendiri lanjut Ady, menjelaskan jadwal-jadwal tahapan dan informasi penting yang perlu diketahui oleh masyarakat terkait Pemilu 2024. Dari Bawaslu, terkait aspek pengawasannya, bagaimana Bawaslu mengawasi tahapan yang dilaksanakan KPU sehingga tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

"Lalu dari kepolisian berbicara dari aspek Kamtibmas dalam mengawal Pemilu 2024," sebutnya. 

Ady menuturkan, suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan saja klaim KPU nantinya. Tetapi merupakan peran bersama semua komponen dalam mengawal dan membangun sinergi baik pemilih, peserta pemilu, penyelenggara maupun aparat penegak hukum.

"Komponen-komponen ini harus berjalan bersama jika kita ingin mewujudkan Pemilu yang damai dan berintegritas," tandasnya.

Ady menambahkan, yang paling penting juga dari kegiatan sosialisasi ini KPU Kabupaten Bima melibatkan dari perguruan tinggi (akademisi) yang memberikan pandangan-pandangan dari sudut pandang ilmiah, apasaja hal-hal yang terkait dengan kepemiluan. Akademisi yang diundang dari Universitas Muhammadiyah, STKIP Taman Siswa, Universitas Mbojo Bima dan Universitas Nggusu Waru.

"Pandangan-pandangan yang beragam ini tentu akan menjadi masukan dan catatan bagi KPU Kabupaten Bima. Apasaja yang perlu kami sempurnakan ke depan dalam mengisi tahapan-tahapan yang berjalan sampai nanti hari pemungutan suara pada Rabu 14 Februari 2024," pungkas Ady. 

[akt.01]

Related

Politik 6957432430998390407

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item